Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Uni Eropa Dituntut Rencana Besar Pulihkan Industri Otomotif

Pelaku industri di Eropa menuntut Komisi Eropa untuk rencana pemulihan besar-besaran bagi sektor kendaraan bermotor dari tekanan akibat pandemi Covid-19.
Bendera Uni Eropa. Rencana itu didasarkan pada dua tujuan. Pertama, membawa industri kembali ke jalurnya dengan merangsang penjualan dan menghidupkan kembali produksi. Kedua, mendukung industri menuju masa depan yang netral karbon, berdasarkan pada Green Deal dan tujuan iklim Eropa./Reuters
Bendera Uni Eropa. Rencana itu didasarkan pada dua tujuan. Pertama, membawa industri kembali ke jalurnya dengan merangsang penjualan dan menghidupkan kembali produksi. Kedua, mendukung industri menuju masa depan yang netral karbon, berdasarkan pada Green Deal dan tujuan iklim Eropa./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Pelaku industri di Eropa menuntut Komisi Eropa untuk rencana pemulihan besar-besaran bagi sektor kendaraan bermotor dari tekanan akibat pandemi Covid-19.

Mereka mencakup IndustriAll Europe, Ceemet, ACEA, CLEPA, CECRA, dan ETRMA. IndustriAll European Trade Union adalah federasi serikat pekerja yang independen dan demokratis di sejumlah sektor industri, ACEA adalah Asosiasi Produsen Otomotif Eropa, dam CECRA merupakan federasi Eropa yang menyatukan asosiasi dealer dan bengkel.

Selain itu, CLEPA adalah Asosiasi Pemasok Otomotif Eropa yang mewakili lebih dari 3.000 perusahaan, ETRMA merupakan Asosiasi Produsen Ban & Karet Eropa, dan Ceemet mewakili pengusaha industri berbasis logam, teknik, dan teknologi di Eropa.

"Meminta Komisi Eropa untuk rencana pemulihan industri yang berani," demikian keterangan yang dirilis ACEA, Selasa (26/5/2020).

Rencana itu didasarkan pada dua tujuan. Pertama, membawa industri kembali ke jalurnya dengan merangsang penjualan dan menghidupkan kembali produksi. Kedua, mendukung industri menuju masa depan yang netral karbon, berdasarkan pada Green Deal dan tujuan iklim Eropa.

Untuk membawa sektor otomotif ini kembali ke jalurnya dan memungkinkannya keluar dari tekanan resesi, sektor otomotif Eropa membutuhkan beberapa hal.

1. Tindakan terkoordinasi untuk mendukung peluncuran kembali industri, termasuk aftermarket dengan panduan yang selaras tentang tindakan pencegahan kesehatan dan keselamatan tempat kerja; koordinasi untuk menghindari gangguan lebih lanjut dalam rantai pasokan otomotif yang canggih.

2. Dukungan untuk perusahaan yang layak untuk mempertahankan ketahanan mereka. Untuk menghindari aset terdampar, diperlukan dukungan likuiditas, mencakup bantuan negara, jaminan investasi, keringanan pajak, pinjaman lunak.

3. Dukungan bagi perusahaan dalam mempertahankan / mengembangkan sumber daya manusia, yang mana pendapatan dan keamanan pekerjaan pekerja harus dilestarikan misalnya melalui kelanjutan pengaturan kerja jangka pendek yang terhubung dengan peningkatan keterampilan.

4. Memperkenalkan / memperkuat langkah-langkah stimulus permintaan dengan skema pembaruan kendaraan terkoordinasi di tingkat Uni Eropa dan didukung secara finansial oleh Komisi. Langkah-langkah ini harus memenuhi syarat teknologi terbaru dan dibedakan berdasarkan kinerja keselamatan dan lingkungan berdasarkan emisi CO2. Stimulus ini diperlukan untuk memulai kembali jalur perakitan dan mempertahankan pekerjaan. Ini juga harus mengembalikan kapasitas perusahaan untuk menghasilkan arus kas yang dibutuhkan untuk berinvestasi di masa depan.

5. Mempertimbangkan keadaan luar biasa ini ketika menilai dampak reformasi peraturan pada sektor otomotif.

Adapun untuk mendukung sektor ini dalam melakukan transisi digital dan rendah karbon, mereka meminta Komisi Eropa mengambil sejumlah tindakan penting.

1. Mengembangkan dan mempertahankan kepemimpinan teknologi melalui program yang ambisius untuk mendukung transisi digital dan rendah karbon.

2. Berikan dukungan investasi (hibah, pinjaman, ekuitas) untuk pengenalan pasar teknologi berkelanjutan baru.

3. Mempercepat peluncuran infrastruktur pengisian dan pengisian ulang bahan bakar untuk mobil, van dan kendaraan komersial di tempat umum, serta pribadi, tempat, dan memberikan setidaknya 2 juta titik pengisian daya dan stasiun pengisian bahan bakar di seluruh UE untuk semua jenis kendaraan seperti yang ditunjukkan sebelumnya. .

4. Memperkenalkan / memperkuat insentif pasar untuk mempromosikan penggunaan powertrain alternatif.

5. Mempromosikan kolaborasi industri dan aliansi industri untuk berbagi biaya pengembangan dan pengenalan pasar teknologi rendah karbon baru.

6. Fasilitasi investasi dalam infrastruktur digital generasi berikutnya sebagai pendorong utama konektivitas yang lebih andal antar kendaraan.

7. Manfaatkan pengadaan publik inovatif untuk mendukung permintaan dan membawa inovasi baru ke pasar.

8 Tingkatkan investasi dalam penelitian dan pengembangan serta dalam produksi baterai, hidrogen, dan bahan bakar cair rendah karbon, di dalam Uni Eropa.

9. Kembangkan ekonomi sirkular yang terhubung ke rantai pasokan otomotif (daur ulang, produksi ulang, penggunaan kembali).

10. Mendukung banyak UKM otomotif dalam mendefinisikan ulang posisi rantai nilai mereka dalam lanskap otomotif yang cepat berubah.

Selama beberapa dekade, sektor otomotif Eropa telah menjadi pilar utama kesejahteraan ekonomi dan sosial Eropa. Secara tidak langsung, sektor ini menyediakan lapangan kerja bagi 13,8 juta pekerja. Pabrik perakitan Eropa masih menghasilkan 1 di setiap 4 mobil di seluruh dunia. Sektor ini sangat inovatif dan menyumbang 20% dari dana penelitian industri di Eropa.

Sektor otomotif Eropa telah menjadi pemimpin global dengan orientasi ekspor yang kuat sekaligus menjadi benteng industri, serta pendorong pekerjaan dan pertumbuhan ekonomi di seluruh Eropa. Sebagai hasil dari keterkaitan ekonomi dengan sektor-sektor lain di sepanjang rantai nilai, kepentingannya untuk lapangan kerja dan pertumbuhan untuk seluruh ekonomi menjadi jelas.

Akan tetapi, Covid-19 memicu krisis yang belum pernah terjadi sebelumnya di sektor ini dengan penghentian produksi dan distribusi mobil di Eropa selama beberapa pekan. Penjualan terhenti, investasi anjlok, dan pengenalan pasar model bersih baru telah ditunda. Pada saat yang sama, organisasi kerja pasca-pandemi meningkatkan biaya produksi.

Dampak ekonomi dan sosial dari krisis Covid-19 pada sektor otomotif sangat parah. Para pekerja, meskipun didukung oleh pengaturan kerja jangka pendek, telah menderita pendapatan berkurang, dan perusahaan menghadapi kekurangan dana. Saat ini, ada sedikit visibilitas di masa depan. Jika situasi ini berlanjut, sektor ini menghadapi risiko kehancuran dengan kebangkrutan dan membutuhkan restrukturisasi berskala besar.

Selama krisis keuangan (2008-2013), sektor otomotif kehilangan 440.000 pekerjaan. Jika tidak ada tindakan, resesi saat ini kemungkinan menciptakan kondisi yang lebih parah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper