Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Proyeksi Kuartal II/2020, Penjualan Mobil Diyakini Masih Lesu

Penjualan mobil pada kuartal I/2020 begitu terdampak oleh sejumlah faktor, antara lain karena banjir dan virus corona (Covid-19).
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 30 Maret 2020  |  18:45 WIB
Pengunjung memerhatikan mobil Honda BR-V yang dipamerkan di pusat perbelanjaan di Bandung, Jawa Barat, Selasa (26/1/2016) - Bisnis/Rachman.
Pengunjung memerhatikan mobil Honda BR-V yang dipamerkan di pusat perbelanjaan di Bandung, Jawa Barat, Selasa (26/1/2016) - Bisnis/Rachman.

Bisnis.com, JAKARTA - PT Honda Prospect Motor (HPM) memproyeksikan bahwa penurunan kinerja penjualan kendaraan roda empat akan berlanjut pada kuartal II/2020.

Business Innovation and Marketing & Sales Director HPM Yusak Billy mengatakan bahwa penjualan pada kuartal I/2020 begitu terdampak oleh sejumlah faktor, antara lain karena banjir dan virus corona (Covid-19).

"Situasi ini juga diperkirakan masih akan berlanjut mengingat kondisi yg belum stabil dan terus berubah untuk beberapa waktu ke depan," kata Billy kepada Bisnis, Senin (30/3/2020), di Jakarta.

Menurutnya, penurunan kinerja penjualan dari dealer ke konsumen pada periode Januari-Februari berkisar 2 persen. Bencana banjir dan Covid-19 dinilai Billy cukup membebani kinerja perusahaan. Apalagi, pada Maret, eskalasi pandemi kian meluas di Tanah Air.

"Memang permintaan sekarang cenderung turun sekali. Untuk berapa besar adjustmentnya, sekarang kami sedang close monitoring untuk bisa mengambil tindakan sesuai dengan kondisi terakhir," paparnya.

Oleh sebab itu, dia mengatakan bahwa Honda akan terus memonitor kondisi pasar dan berupaya melakukan strategi untuk terus memenuhi kebutuhan konsumen.

"Strategi yang kami lakukan adalah dengan melakukan efisiensi, menjaga kondisi stock level tetap sehat dengan penyesuaian tingkat produksi, dan juga menjaga komunikasi dengan konsumen melalui media massa dan digital," ujarnya.

Sementara dari sisi produksi, Billy mengaku aktivitas pabrikan masih berjalan normal guna memenuhi kebutuhan pasar domestik dan ekspor. Namun, penyesuaian akan terus dilakukan seiring dengan kondisi terkini.

"Bila diperlukan, pasti akan kami lakukan penyesuaian produksi," kata Billy.  

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

otomotif penjualan mobil honda prospect motor Virus Corona
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top