Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Gilak! Harga Seken Suzuki Jimny Melebihi Harga Baru

Di sejumlah situs jual-beli online mobil bekas, mobil ikonis ini tersedia dengan harga mulai Rp475 jutaan hingga Rp510 jutaan.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 03 Maret 2020  |  15:30 WIB
Suzuki Jimny.  - Suzuki
Suzuki Jimny. - Suzuki

Bisnis.com, JAKARTA - Suzuki Jimny mendapatkan respon positif dari pasar Indonesia dengan permintaan terbilang tinggi di tengah keterbatasan unit yang dipasok prinsipal Suzuki di Jepang.

Suzuki Indonesia hanya mendapatkan jatah 40 - 50 unit sebulan untuk mobil berpenggerak empat roda atau 4x4 tersebut. PT Suzuki Indomobil Sales pun harus menghentikan sementara pemesanan Jimny sebab  inden atau waktu tunggu untuk memiliki Jimny bisa mencapai 4 hingga 10 tahun.

Namun di sejumlah situs jual-beli online mobil bekas, mobil ikonis ini tersedia dengan harga mulai Rp475 jutaan hingga Rp510 jutaan.

Setidaknya ada 5-10 unit Jimny generasi terakhir yang dijual di situs belanja online OLX Indonesia. Padahal, ketika baru pertama kali dipasarkan di GIIAS 2019, Jimny gen terbaru dijual dengan harga mulai Rp315,5 juta.  

Berdasarkan catatan Bisnis.com, Jimny dipasarkan dalam empat varian dengan harga on the road (OTR) per Februari 2020 berkisar Rp347,5 juta – Rp362 juta. 

Kondisi sport utility vehicle (SUV) mungil ini generasi terbaru itu yang ditawarkan itu rata-rata pemakaian tidak lebih dari 5.000 kilometer. Kondisinya mulus seperti baru keluar dari showroom.

Meski begitu, belum ada informasi kuat terkait keabsahan surat-surat kendaraan tersebut. Tempo yang mencoba mengkonfirmasi belum mendapat jawaban dari salah satu penjual yang menawarkan Jimny berkelir hijau terang.

Tersedianya Jimny bekas generasi terbaru di sejumlah situs jual beli itu setidaknya bisa mengobati dahaga bagi mereka yang sudah lama menginginkan mobil tersebut. Sebab, Suzuki Indomobil Sales (SIS) sendiri, sebagai APM bahkan pernah mengeluarkan statement bahwa antrean SUV Mini itu bisa mencapai 7-10 tahun. Bahkan pemesanan di sejumlah dealer telah dihentikan.

"Terlalu lama pemesanan Suzuki Jimny di beberapa dealer, jadi dihentikan sementara dulu," ujar Direktur Marketing PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Donny Saputra pada Agustus 2019 lalu.

Bukan tanpa alasan, SIS diketahui hanya mendapat jatah 50 unit perbulan dari prinsipal. Itu karena mobil ini hanya diproduksi sebanyak 5 ribuan unit di Kosai Plant 2 Shirasuka, Shizuoka, Jepang. Tak heran jika antreannya mengular, sebab sejumlah negara di dunia juga hanya mendapat suplai dari negeri Matahari Terbit tersebut.

Meski demikian, Maruti Suzuki India berencana memproduksi Jimny generasi terbaru itu di Pabrik Gurgaon, India. Seperti dilansir dari Indian Auto Blogs, bahwa model itu akan diproduksi dan akan diekspor mulai awal Juni 2020. Jika benar terwujud bukan tidak mungkin, stok atau kuota Jimny untuk Indonesia bisa bertambah.

Suzuki Jimny sendiri yang sudah resmi dipasarkan di Indonesia sejak pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada Agustus 2019 lalu diklaim memiliki peminat yang tinggi. Mobil 4x4 mungil itu kerap disebut telah mendapat pemesanan ribuan orang di beberapa dealer.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

suzuki Suzuki Jimny

Sumber : Tempo

Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top