Si Mungil Suzuki Jimnny yang Membangkitkan Kenangan Lama

Jimny mendapatkan respons positif pasar Indonesia sejak diluncurkan pada Juli 2019 di tengah keterbatasan unit.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 12 Februari 2020  |  19:56 WIB
Si Mungil Suzuki Jimnny yang Membangkitkan Kenangan Lama
Suzuki Jimny. - Suzuki

Bisnis.com, JAKARTA - Tubuh mungil tetapi memiliki daya jelajah mumpuni. Itulah sosok Suzuki Jimny yang membuat penggemar setianya rela menunggu untuk mendapatkan mobil ikonik ini.

Mobil mungil berukuran panjang sekitar 3,645 meter dan lebar 1,645 meter ini memang pas digunakan di jalanan kota-kota besar. Kemacetan dan minimnya lahan parkir membuat Jimny mudah bermanuver.

Kehadiran Jimny pun mendapatkan respons positif dari pasar Indonesia sejak diluncurkan pada pertengahan tahun lalu. Permintaan mobil berpenggerak empat roda atau 4x4 tersebut terbilang tinggi di tengah keterbatasan unit.

Wajah dan tampilan keseluruhan yang begitu ikonik membuat para penggemar mobil ini rela mengantre. Harga mulai Rp347,5 juta dan inden hingga 2024 tidak menyurutkan keinginan konsumen. Saking banyaknya pesanan, SIS bahkan harus menghentikan waktu pemesanan mobil ini hingga pertengahan 2020.

Direktur Pemasaran 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Donny Saputra mengatakan bahwa sudah ada sekitar 400 unit yang dikirim ke Indonesia sejak Agustus 2019. Perhitungan itu dengan asumsi Suzuki memasok 50 unit tiap bulannya.

Sementara itu, Suzuki global dikabarkan menghentikan jatah Jimny untuk pasar Eropa karena regulasi pemerintah terkait standar emisi gas buang kendaraan bermotor pada 2021.

Kondisi tersebut diperkirakan membuat negara lain berlomba mendapatkan alokasi Jimny dari pasar Eropa. Namun, Donny membantah perkiraan tersebut.

"Jimny yang diproduksi di Eropa berbeda dengan spesifikasi di sini. Jadi, tidak serta merta dapat dipasarkan di Indonesia," ujarnya saat ditemui di Bogor, Jawa Barat, Selasa (11/2/2020).

Menurut Donny, tidak hanya di Indonesia, negara lain turut berlomba mendapatkan alokasi Jimny. Namun, berdasarkan hasil negosiasi dengan prinsipal, volume mobil bermesin K15B ini tidak mengalami perubahan.

Donny mengatakan bahwa Jimny mempunyai ikatan memori dengan pengguna setia Suzuki. Pembeli Jimny generasi keempat itu bahkan adalah anak-anak muda yang ingin menjahit memori masa lalunya.

"Karena orang tuanya dulu juga punya Jimny," tutur Donny.

Selain itu, Jimny generasi keempat dibuat untuk memberikan pengalaman mengemudi yang andal di berbagai medan, baik untuk pengguna mobil sehari-hari sampai pengendara off road profesional.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
suzuki, Suzuki Jimny

Editor : Oktaviano DB Hana
KOMENTAR


-->
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top