Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pacu Penjualan Akhir Tahun, Daihatsu Day Digelar di 246 Gerai

Daihatsu bakal menggelar Daihatsu Day di 246 gerai di seluruh Indonesia pada akhir pekan ini. Berbagai program penawaran yang disiapkan untuk konsumen pada ajang ini diklaim sebagai program pemasaran paling menarik sepanjang 2019.
Kian banyak animo konsumen terhadap mobil merk Daihatsu, maka Sabtu tanggal 14 Desember dibuat Daihatsu Day di 246 outlet di seluruh Indonesia. /Daihatsu
Kian banyak animo konsumen terhadap mobil merk Daihatsu, maka Sabtu tanggal 14 Desember dibuat Daihatsu Day di 246 outlet di seluruh Indonesia. /Daihatsu

Bisnis.com, JAKARTA – Daihatsu bakal menggelar Daihatsu Day di 246 gerai di seluruh Indonesia pada akhir pekan ini. Berbagai program penawaran yang disiapkan untuk konsumen pada ajang ini diklaim sebagai program pemasaran paling menarik sepanjang 2019.

Marketing and CR Division Head PT Astra International Tbk.—Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso mengatakan bahwa bulan ke-12 selalu menjadi bulan dengan kontribusi penjualan terbesar. Berbagai program yang disiapkan diharapkan dapat menangkan peluang tersebut.

“Desember merupakan bulan dengan penjualan paling tinggi. Itu terjadi tiap tahun. Tiap Desember, customer selalu menunggu penawaran menarik apa dari masing-masing brand. Nah, kami mengambil momentum ini dengan menggelar Daihatsu Day di seluruh outlet Daihatsu,” katanya melalui siaran pers, Rabu (11/12/2019).

Dalam program Daihatsu Day, lanjutnya, pihaknya menggandeng lembaga pembiayaan Astra Credit Companies (ACC) untuk memberikan tawaran menarik kepada konsumen. Seluruh kantor perwakilan Daihatsu dan mitra diler di daerah akan konsumen ke gerai untuk mendapatkan program tersebut.

Dia menjelaskan basis program ini adalah penawaran paket pembelian istimewa seperti paket uang muka murah, cicilan rendah, dan tenor pinjaman hingga 7 tahun. Masing-masing gerai dapat memberikan program tambahan sesuai kebijakan di setiap daerah.

“Paketnya dipastikan lebih menarik dari paket-paket sebelumnya,” ujarnya.

Program Daihatsu Day kali ini berbeda dari tahun sebelumnya karena digelar secar serentak di seluruh gerai di Indonesia. Pada tahun sebelumnya program ini digelar secara terpisah dan tidak menawarkan promo yang seragam di setiap gerai.

“Kini digelar serentak di 246 gerai dengan penawaran yang kurang lebih sama. Kami gandeng Daihatsu value chain, termasuk asuransi Astra dan juga Mobil88 untuk trade in kendaraan lama konsumen menjadi mobil baru Daihatsu,” katanya.

Dia menambahkan sebanyak 75% pembeli mobil Daihatsu saat ini melakukan pembelian dengan menggunakan fasilitas kredit. Menurutnya, segmen konsumen inilah yang tengah dibidik secara khusus melalui Daihatsu Day.

Dia mengharapkan dengan program pamungkas di akhir tahun ini, Daihatsu bisa mencapai target yang sudah dicanangkan di awal tahun, yakni menguasai 17% pasar otomotif nasional. “Dengan demikian, Daihatsu bisa tetap di posisi nomor dua,” ucapnya.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor di Indonesia (Gaikindo), sepanjang Januari hingga Oktober 2019, dari total penjualan ritel otomotif nasional sebanyak 847.164 unit. Adapun, Daihatsu mencetak penjualan 143.217 unit atau meraih pangsa pasar 16,9%.

Pada periode tersebut, kontribusi terbesar penjualan Daihatsu disumbang oleh Sigra dengan kontribusi mencapai 29% penjualan. Sementara itu, Terios tercatat menyumbang 12%, Ayla sebesar 13%, Gran Max Pick Up sebesar 10%, Gran Max Minibus sebesar 9%, dan Xenia sejumlah 11%.

Sementara itu, hingga November, pangsa pasar Daihatsu diklaim sudah mencapai 17,1%. Dia memproyeksikan pada akhir tahun ini pasar otomotif nasional akan mencapai 1,04 juta unit, dan Daihatsu bakal mencatatkan pangsa pasar di kisaran 17%.

“Sampai November memang masih aman di angka 17% Tetapi, bulan terakhir ini kami tidak boleh lengah. Makanya kami tetap melakukan campaign lewat Daihatsu Day,” ujar dia.

Sementara itu, Chief Marketing & Sales Officer ACC Tan Chian Hok menjelaskan, jelang akhir tahun, kebutuhan masyarakat akan otomotif selalu meningkat. Hal itulah yang mendasari ACC mendukung penuh tiap program penjualan lini bisnis otomotif.

Dalam program itu, pihaknya memberi kemudahan percepatan proses kredit, seperti approval, diskon administrasi, hingga kemudahan membayar angsuran. “Dukungan ini selain mendongkrak market otomotif, juga membantu konsumen yang ingin membeli mobil,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper