Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Benelli ingin Dirikan Pabrik Motor di Indonesia, PPnBM masih Jadi Kendala

PT Benelli Motor Indonesia (BMI) menyatakan peluang untuk membuka pabrik di Indonesia masih terbuka. Namun, keputusan itu dipegang oleh Geely sebagai induk pemilik Benelli Motor di ranah global.

Bisnis.com, JAKARTA – PT Benelli Motor Indonesia (BMI) menyatakan peluang untuk membuka pabrik di Indonesia masih terbuka. Namun, keputusan itu dipegang oleh Geely sebagai induk pemilik Benelli Motor di ranah global.

Direktur BMI Steven Kentjana Putra menyatakan Geely telah melakukan feasibilty study untuk menjajaki peluang pendirian pabrik di Indonesia. Namun, menurutnya masih ada sejumlah kendala untuk mewujudkan hal itu.

“Saya sebagai Benelli Motor Indonesia, kami ingin keinginan Geely investasi di sini, waktu itu feasibilty study sudah dilakukan oleh KPMJ, dan beberapa konsultan lainnya. Tapi teman-teman tahu, regulasi di negara kita agak susah untuk motor di atas 250 cc,” katanya di sela-sela pameran IIMS Motorbike Expo 2019, Sabtu (30/11/2019).

Dia menjelaskan regulasi pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) saat ini masih menjadi kendala untuk mengembangkan industri sepeda motor dengan kapasitas mesin besar. Menurutnya, hal ini membuat harga motor Benelli di Indonesia tidak sekompetitif di negara lain.

“Harga kan juga jadi tidak masuk. Kalau di India contohnya, tanpa PPnBM mungkin harga motor [Imperiale 400] cuma Rp30 juta. Indonesia saya harus hitung PPnBM, apalagi untuk di atas 500cc, 125% kali 75%, jadi 91% [Pajak],” jelasnya.

Menurutnya faktor pajak yang mengerek harga cukup tinggi itu membuat Geely masih enggan berinvestasi di Indonesia. Padahal, dia mengatakan bahwa Indonesia menjadi salah satu negara yang dipertimbangkan secara serius sebagai tujuan investasi mereka.

Dia mengatakan bahwa untuk kawasan Asia Tenggara, sebenarnya Geely juga membidik beberapa negara lain, yakni Thailand dan Malaysia. Namun, hingga saat ini Geely belum memutuskan akan berinvestasi di mana.

“Masalah investasi dia belum putuskan dari Geelynya, waktu itu ada pilihan Indonesia, Thailand, dan Malaysia. Waktu kita adakan Global Launch di Bali pada 2018, Indonesia dipertimbankan karena merupakan pangsa pasar sepeda motor terbesar ketiga di dunia,” jelasnya.

Meski merupakan merek asal Italia, kepemilikan Benelli berada di bawah naungan Zhejiang Qianjiang Motorcycle Group Co. yang berasal dari China. Perusahaan ini merupakan bagian dari Geely Group yang juga memiliki Volvo dan Lotus Cars.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper