Studi Energi Baru, Mitsubishi Cek Kemampuan Panel Surya Pasok Daya Mobil Listrik

Studi bersama BPPT dan Kyudenco.co ini bertujuan mengembangkan listrik dari PLTS untuk mengisi daya kendaraan listrik Mitsubishi I-MiEV.
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 03 Oktober 2019  |  15:40 WIB
Studi Energi Baru, Mitsubishi Cek Kemampuan Panel Surya Pasok Daya Mobil Listrik
Pengujian kestabilan pengisian daya dari panel surya untuk mobil listrik oleh Mitsubishi - MMKSI

Bisnis.com, TAMBOLAKA – Mitsubishi Motors menyatakan dua hal penting yang ingin diketahui dari studi bersama pemanfaatan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Bilacenge untuk kendaraan listrik ialah kestabilan panel surya dan sistem manajemen pengisian daya listrik.

Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Naoya Nakamura mengatakan studi bersama BPPT dan Kyudenco.co bertujuan mengembangkan listrik dari PLTS untuk mengisi daya kendaraan listrik Mitsubishi I-MiEV.

“Kami ingin tahu seberapa besar panel surya milik BPPT bisa memasok listrik secara stabil. Saat ini musim panas mungkin tidak ada masalah bagaimana dengan musim hujan yang sebentar lagi datang. Kami ingin tahu apakah bisa bekerja di dua kondisi tersebut,” ujarnya di Tambolaka, Sumba Barat Daya, NTT, Kamis (3/10/2019).

Selain itu, lanjut Nakamura, MMKSI juga ingin memahami energy manajement system dari Kyudenco untuk memasok listrik secara stabil pada pengisian daya cepat untuk kendaraan listrik. Adapun, program studi energi baru terbarukan (EBT) di Tambolaka ini akan berlangsung selama 16 minggu atau setara dengan 4 bulan sejak 1 Agustus 2019 hingga 30 November 2019.

“Apabila sukses kami siap men-challenge untuk berkerja sama dengan pihak lain dalam untuk studi dan pengembangan EBT,” ujarnya.

Toshinaga Kato, Vice Executive Officer Mitsubishi Motors Corporation (MMC) mengatakan sejak 10 tahun lalu MMC telah melakukan beberapa riset EBT dan kerja di beberapa lokasi seperti di Jepang, Spanyol, Estonia dan lainnya.

“Hasilnya sesuai dengan yang MMC harapkan karena kendaraan kami tidak hanya mengisi daya tetapi juga bisa mengalirkan kembali listrik ke rumah atau jaringan lain sehingga biaya energi menjadi lebih murah,” katanya.

Kato mengatakan di Jepang, dealer Mitsubishi Motors saat ini juga telah menggunakan panel surya untuk menghasilkan listrik untuk dealer. Listrik itu juga disalurkan ke mobil listrik yang kemudian memasok kembali untuk kebutuhan listrik dealer.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Mitsubishi Motors

Editor : Galih Kurniawan
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan
Top