Pasar Otomotif Kawasan Timur Indonesia Masih Menjanjikan

Pameran otomotif, GIIAS Makassar 2019, diharapkan menjadi satu sentimen positif untuk mendorong penjualan kendaraan, khususnya di Indonesia Timur.
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 12 September 2019  |  07:18 WIB
Pasar Otomotif Kawasan Timur Indonesia Masih Menjanjikan
Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah saat meninjau GIIAS Makassar 2019, Rabu (11/9/2019). - Gaikindo

Bisnis.com, JAKARTA – Pameran otomotif, GIIAS Makassar 2019, diharapkan menjadi satu sentimen positif untuk mendorong penjualan kendaraan, khususnya di Indonesia Timur.

Penjualan kendaraan pada awal semester II/2019 mulai membaik sehingga diharapkan tren tersebut berlanjut hingga akhir tahun ini.

Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi mengatakan, industri otomotif Indonesia masih akan terus tumbuh dan Sulawesi Selatan akan menjadi kontributor yang signifikan terhadap pertumbuhan tersebut. Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Makassar dapat menjadi salah satu langkah pendorong pasar otomotif.

“Kami berharap GIIAS Makassar 2019 dapat menjadi sebuah ajang yang turut mendorong dan membesarkan industri otomotif Indonesia dikuartal kedua tahun 2019 ini yang kami lihat semakin positif,” ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (11/09/2019).

GIIAS Makassar 2019 menghadirkan berbagai produk dan teknologi pilihan dari delapan merek kendaraan penumpang dan kendaraan komersial seperti Daihatsu, DFSK, Honda, Mazda, Mitsubishi Motors, Renault, Wuling, dan Fuso.

Selain itu tiga merek sepeda motor juga hadir yakni Benelli, Honda, dan Mforce. Beberapa merek dari industri pendukung seperti Himawan Putra, Krisbow, Wincos, dan Yuasa juga akan menyemarakkan penyelenggaraan pameran.

Pameran ini dibuka oleh Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah bersama Direktur Jenderal Industri Logam Mesin Alat Transportasi Dan Elektronika (ILMATE) Harjanto, dan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi. GIIAS Makassar akan berlansung selama 5 hari yakni sejak 11-15 September 2019 di Celebes Convention Center.

Nurdin Abdullah mengatakan, penyelenggaraan GIIAS Makassar 2019 hadir pada momen yang tepat di mana pertumbuhan ekonomi Sulawesi Selatan sedang meningkat di atas 7% dengan inflasi yang terkendali sehingga daya beli masyarakat cukup tinggi.

“Saya atas nama pemerintah mengucapkan terima kasih kepada Gaikindo atas terselenggaranya pameran otomotif, yang saya kira waktunya tepat sekali,” katanya.

Nurdin menuturkan, Sulawesi Selatan semakin mengerucut sebagai pintu gerbang Indonesia Timur yang terus berbenah ke arah lebih baik dengan tingkat pertumbuhan kawasan Industri yang terintegrasi di Indonesia Timur. Penyelenggaraan pameran ini, katanya, dapat menjadi ajang inspirasi bagi masyarakat Sulawesi Selatan

Direktur Jenderal ILMATE Kementerian Perindustrian Harjanto mengatakan, industri otomotif nasional saat ini telah berkembang dengan baik dan memberikan kontribusi yang cukup besar bagi perekonomian nasional melalui peningkatan ekspor, investasi dan penyerapan tenaga kerja.

“Kami berharap penyelenggaran GIIAS the Series di Makassar dapat menjadi wadah edukasi bagi masyarakat terkait perkembangan teknologi kendaraan bermotor yang ramah lingkungan,” ujarnya.

Adapun Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengungkapkan apresiasi atas kontribusi Gaikindo yang sangat penting juga bagi Kementerian Perhubungan.

“Apresiasi kami kepada Gaikindo yang telah mendukung kebijakan Kementerian Perhubungan dalam meningkatkan kendaraan bermotor yang berkeselamatan di Indonesia.”

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
GIIAS 2019

Editor : Galih Kurniawan
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top