Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Volvo Luncurkan Truk Spesialis Jarak Jauh FM 440 6X2T

PT Volvo Trucks Indonesia meluncurkan unit FM 440 6X2T untuk memenuhi kebutuhan kendaraan long haul alias perjalanan jarak jauh.
Truk Volvo FM 440 6X2T/Bisnis-Ilman Sudarwan
Truk Volvo FM 440 6X2T/Bisnis-Ilman Sudarwan

Bisnis.com, JAKARTA – PT Volvo Trucks Indonesia meluncurkan unit FM 440 6X2T untuk memenuhi kebutuhan kendaraan long haul alias perjalanan jarak jauh di sektor logistik di Indonesia.

Presiden Direktur PT Indotruck Utama Bambang Prijono mengatakan, truk berkapasitas besar dan spesialis long haul dibutuhkan seiring dengan peningkatan kinerja logistik Indonesia dalam 3 tahun terakhir.

Menurutnya, selama ini sekitar 99% produk truk Volvo di Indonesia digunakan untuk kebutuhan sektor pertambangan. Kehadiran jalan tol di Jawa dan Sumatra membuka peluang yang lebih besar bagi Volvo untuk menggaet pasar di luar sektor pertambangan.

“Dengan selesainya jalan tol trans Jawa, kebutuhan truk dengan kapasitas besar semakin penting apalagi aturan overload diterapkan dengan ketat. Truk ini, FM 440 6X2T menjadi jawaban atas kebutuhan tersebut,” katanya, Rabu (11/9/2019).

Dia menjelaskan, produk tersebut dilengkapi dengan keamanan yang cocok untuk perjalanan jarak jauh. Selain itu, mesin yang digunakan juga memiliki intercooler bermuatan turbo 6 silinder segaris dengan satu kepala silinder, camshaft overhead, dan sistem injeksi bahan bakar yang dikendalikan secara elektronik.

Menurutnya, sistem pendingin tersebut disesuaikan dengan suhu lingkungan tropis dan memiliki asupan tinggi pembersih udara dengan elemen filter tambahan. Kendaraan ini juga dilengkapi dengan electronic brake system (EBS) yang dapat bereaksi cepat.

“Mesinnya berkemampuan 440 horse power, suspensinya menggunakan air suspension 6x2. Transmisi juga terbaik, bisa manual juga otomatis,” ujarnya.

Jurn Terpstra, Managing Director PT Volvo Trucks Indonesia, mengatakan peluncuran model ini merupakan upaya Volvo untuk melengkapi produksi buatan akhir tahun 2018 dengan teknologi I-Save. Menurutnya, teknologi ini dapat membantu mengurangi biaya bahan bakar dan membuat truk lebih ramah lingkungan. Selain itu, truk ini juga telah disesuaikan dengan aturan B30.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Galih Kurniawan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper