Sedan Coupe Jadi Jurus Gaet Konsumen Premium

Di tengah perlambatan pasar otomotif, produsen otomotif aktif menghadirkan model sport couple untuk menggaet konsumen pehobi berkantong tebal.
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 09 Juli 2019  |  18:36 WIB
Sedan Coupe Jadi Jurus Gaet Konsumen Premium
New BMW Z4 Roadster - BMW

Bisnis.com, JAKARTA — Di tengah perlambatan pasar otomotif, produsen otomotif aktif menghadirkan model sport couple untuk menggaet konsumen pehobi berkantong tebal.

Menawarkan sensasi berkendara desain sportif dan sejarah panjang menjadi salah satu strategi produsen.

BMW telah memulai dengan menghadirkan BMW Z4 pada IIMS 2019 lalu untuk meramaikan pasar. Toyota juga tidak ketinggalan dan bakal memperkenalkan GR Supra pada GIIAS 2019 tengah bulan ini.

Di Tanah Air kedua model ini melengkapi model lain yang sudah duluan hadir seperti Mazda MX-5 dan Toyota 86. Hingga sejauh ini, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat penjualan kedua model sport coupe itu sedikit melambat.

Pada 5 bulan pertama 2019, Mazda MX-5 dipasarkan sebanyak 11 unit atau lebih rendah dibandingkan dengan periode yang sama 2018 sebanyak 29 unit. Hal serupa juga terjadi pada Toyota 86 yang meraih penjualan sebanyak 18 unit, sementara pada 2018 sebanyak 26 unit.

Pada IIMS 2019 lalu, BMW yang merilis BMW Z4 seharga Rp1,45 milar (off-the-road) mengklaim 10 unit yang dialokasikan untuk pameran tersebut laris terjual. Adapun, BMW mengalokasikan 20 unit untuk Z4 pada tahun ini.

Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia mengatakan, kehadiran model yang inovatif mendapatkan sambutan positif dari konsumen Indonesia. BMW menyebut Z4 sebagai kendaraan yang diarahkan untuk kelincahan dan dinamikan berkendara.

"Terbukti, model-model kendaraan inovatif tersebut mendapat sambutan yang sangat baik dari para pengunjung BMW Group Pavilion dengan jumlah pemesanan kendaraan yang sangat baik," ujarnya beberapa waktu lalu.

Kesuksesan BMW Z4 itu menjadi indikasi sedan coupe yang unik dengan karakter sport memiliki pasar di Tanah Air. Tidak banyak dari volume penjualan, tetapi ditunggu oleh penggemarnya.

Toyota pun dipastikan bakal mengembangkan pasar sedan sport coupe dengan  merilis mobil sport legendarisnya, GR Supra pada GIIAS 2019. Mobil ini dibangun dengan basis yang hampir sama dengan BMW Z4 tetapi tetap mempertahankan keunikan masing-masing merek.

Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmy Suwandi mengatakan, GR Supra saat ini tengah disiapkan dan akan diperkenalkan pada GIIAS 2019. Pemesanan kendaraan ini baru dapat dilakukan pada ajang pameran tersebut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
sedan, otomotif

Editor : Galih Kurniawan
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top