JELAJAH JAWA BALI 2019 : Cuma 5 Menit, Cek Bagian Mobil Ini Sebelum Mudik

Bagi pemudik dengan kendaraan roda empat, terkadang hal sederhana luput dari pemeriksaan sebelum memulai perjalanan. Padahal beberapa bagian tersebut cukup menentukan kelancaran selama mengemudi.
Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali
Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali - Bisnis.com 29 Mei 2019  |  14:55 WIB
JELAJAH JAWA BALI 2019 : Cuma 5 Menit, Cek Bagian Mobil Ini Sebelum Mudik
Isuzu menyiapkan 17 Bengkel Siaga untuk program Sambut Lebaran Bersama Isuzu. - Astra

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi pemudik dengan kendaraan roda empat, terkadang hal sederhana luput dari pemeriksaan sebelum memulai perjalanan. Padahal beberapa bagian tersebut cukup menentukan kelancaran selama mengemudi.

Imam Lazuardi, Regional Service Head DKI Jakarta Astra Isuzu, mengatakan bahwa bagian depan dan belakang kendaraan sebaiknya dipastikan bekerja maksimal. Pemeriksaan ini hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit.

Pada bagian depan, pengendara dapat memulai dengan memeriksaan kaca depan. Pastikan kaca tidak mengalami keretakan atau bahkan pecah. Selain itu, pemudik juga perlu melihat kembali kondisi ban. Pengecekan ini meliputi kebotakan ban, tekanan angin, baut-baut roda dan lainnya.

"Periksa juga kaca spion. Pengecekan kaca spion luar apakah terdapat retak atau pecah pada kaca. Pastikan juga baut pada spion erat agar tidak mengganggu pada saat berkendara," katanya, Rabu (29/5/2019).

Selanjutnya, dia menyarankan pengendara untuk memeriksa kondisi lampu untuk memudahkan perjalanan pada malam hari. Terakhir adalah wiper atau penyapu kaca. Pengemudi dapat memperhatikan kondisi karet serta fungsi dari wiper itu sendiri.

Sementara itu, pada bagian belakang kendaraan juga hampir sama. Pengecekan sederhana meliputi kondisi lampu belakang, kaca belakang bersama wiper dan ban belakang. Pemeriksaan terakhir yaitu memeriksa kondisi gardan.

"Pastikan kondisi gardan tidak ada penyok dan rembesan oli yang mengindikasikan adanya kebocoran oli gardan yang akan menggangu kinerja gardan kendaraan Anda," katanya.

**Tim Jelajah Jawa Bali 2019 : Rayful Mudassir, Aziz Rahardyan, Mutiara Nabila, Wibi Pratama, Ni Putu Eka Wiratmini

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Mudik Lebaran, Jelajah Jawa-Bali

Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top