Jelang Lebaran, Ini Mobil Bekas Paling Dicari

Menjelang Lebaran 1440 H, mobil bekas kembali menjadi buruan para pembeli untuk keperluan mudik.
Thomas Mola | 26 Mei 2019 18:00 WIB
Penjualan mobil bekas. - JIBI/Endang Muchtar

Bisnis.com, JAKARTA—Mobil bekas dengan rentang harga Rp40 juta-Rp90 juta paling banyak diburu konsumen jelang Lebaran. Model kendaraan multi guna seperti Toyota Kijang dan multi guna sportif Honda C-RV menjadi dua model yang paling banyak dicari.

Head of Automotive Category OLX Indonesia Ivo Wassenaar mengatakan, selama bulan Ramadan pasokan mobil bekas juga ikut naik terutama untuk multi purpose vehicle (MPV) dan sport utility vehicle (SUV). Kedua mobil ini tidak hanya menjadi favorit jelang Lebaran, tetapi juga menjadi mobil dengan supply dan demand tertinggi sepanjang tahun di OLX.

“Kami memantau adanya kenaikan supply untuk mobil-mobil dengan segmen MPV dan SUV, sepanjang bulan Ramadan ini jika dibandingkan dengan periode yang sama, tahun lalu,” ujarnya dalam keterangan resmi, Minggu (26/5/2019).

Ivo menjelaskan, beberapa merek yang mengalami peningkatan dari sisi pasokan ialah Toyota Kijang, Honda CR-V, Daihatsu Espass, Suzuki APV, dan Grand Livina. Harga yang ditawarkan juga beragam mulai dari Rp40 juta– Rp90 juta.

Dia menjelaskan, kisaran harga tersebut cukup terjangkau bagi pembeli yang ingin memanfaatkan mobil bekas untuk mudik Lebaran. Dengan harga Rp40 juta–Rp90 juta, calon pembeli dapat mencari mobil-mobil SUV dan MPV keluaran tahun 2000 ke atas, dari berbagai macam merek.

Pada kelas MPV bekas seharga Rp40 juta–Rp60 juta, Toyota Kijang menjadi mobil dengan supply tertinggi. Mobil merek ini mengalami kenaikan supply sebanyak 11% sepanjang bulan Ramadan, dari 1,820 menjadi 2,010 unit. Adapun, untuk SUV supply terbanyak didominasi oleh Honda CR-V. Kenaiknya juga mencapai 11%, yaitu dari 440 menjadi 490 unit.

Ivo menuturkan, untuk kisaran harga Rp70 juta– Rp90 juta, Nisan Grand Livina menempati urutan dengan supply terbanyak segmen MPV dengan 2,970 unit. Berbeda dengan Toyota Inova dan Honda CR-V, Nisan Grand Livina justru mengalami penurunan sebesar 2%. Sementara itu untuk segmen SUV pada kisaran harga yang sama, Nissan X-Trail mengalami kenaikan supply sebesar 12%, dari 720 – 820 unit.

OLX mencatat, beberapa merek mobil yang juga mengalami kenaikan supply dibandingkan Ramadan tahun lalu adalah Daihatsu Espass (21%), Mitsubishi Kuda (19%), Suzuki APV (10%), Ford Escape (37%), Suzuki Grand Escudo (15%), Honda Odyssey 10%, dan Chevrolet Captiva (17%). Semua merek tersebut dijual di OLX di kisaran harga Rp40–Rp90juta.

Menurut Ivo, kenaikan supply ini adalah imbas dari adanya permintaan yang tinggi dari calon pembeli. Sebelumnya, OLX menyebutkan pencarian mobil bekas pada Ramadan tahun ini naik sebanyak 9,3% atau setara dengan 250,000 calon pembeli.

Masyarakat tampak mencari moda transportasi yang nyaman digunakan bersama keluarga untuk mudik, atau sekadar berwisata dan bersilaturahmi bersama keluarga selama libur Lebaran.

“Di OLX, kami tidak hanya memberikan berbagi pilihan merek, model, dan segmen mobil. Kami juga memberikan pilihan harga yang variatif bagi calon pembeli,” tambahnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
olx, Mobil Bekas

Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top