Kuartal I 2019, Penjualan Sepeda Tumbuh Positif

Sejumlah agen pemegang merek (APM) sepeda motor membukukan kinerja penjualan positif pada kuartal pertama tahun ini.
Aprianus Doni Tolok | 23 Mei 2019 12:00 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengendarai sepeda motor dalam kegiatan Milenial Safety Riding bersama komunitas biker di Palembang. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Sejumlah agen pemegang merek (APM) sepeda motor membukukan kinerja penjualan positif pada kuartal pertama tahun ini.

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) membukukan penjualan pada kuartal I/2019 (Januari-April) adalah sekitar 35.000 unit.

2W Marketing and Business Development Head Suzuki Indomobil Sales (SIS) Yohan Yahya mengatakan Suzuki Satria masih menjadi tulang punggung penjualan, diikuti model skutik dan terakhir motor sport.

"Kalau dibandingkan periode yang sama tahun lalu cenderung naik tapi saya tidak pegang data naiknya berapa," ujarnya di sela-sela acara konferensi pers Ketupat Mudik Lebaran di Jakarta, Kamis (23/5/2019).

Sedangkan PT Astra Honda Motor (AHM) diketahui mengalami pertumbuhan penjualan mencapai 13% dalam empat bulan pertama tahun ini yakni lebih dari 1,7 juta unit bila dibandingkan dengan tahun lalu yang hanya mencapai sekitar 1,5 juta.

"Kontrobusi [motor] matik telah berkontribusi mencapai hampir 90% dari total penjualan. Kemudian diikuti bebek sekitar 6% dan motor sport sisanya," ujarnya dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (20/5/2019).

Sedikit berbeda, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) diketahui mencatatkan penjualan per Januari hingga Maret 2019 mencapai 38.000 unit. Namun, jumlah tersebut cenderung menurun bila dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Hal tersebut disampaikan oleh Head Sales and Promotion Division PT Kawasaki Motor Indonesia, Michael Chandra Tanadhi.

Menurutnya, tahun lalu Kawasaki meluncurkan dua produk yang sangat menopang penjualan di mana salah satunya adalah W175.

"Sebenarnya tidak apple to apple kalau disandingkan dengan tahun lalu [kuartal pertama]. Tahun ini kami hanya luncurkan varian tambahan," ujarnya kepada Bisnis, Kamis (23/5/2019).

Lanjutnya, Model KLX masih menjadi penopang penjualan dengan kontribusi sekitar 60% dari total penjualan dan berikutnya diikuti oleh W175 dan Ninja.

Sedangkan pabrikan Jepang lainnya yakni Yamaha masih enggan membeberkan kinerja penjualan pada Q1 tahun ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
sepeda motor, Penjualan Sepeda Motor

Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top