Mitsubishi Fuso Minta Biodiesel Standar Euro 4

Pemerintah terus mendorong produksi dan penggunaan bahan bakar nabati untuk mengurangi impor bahan bakar minyak. Pelaku usaha berharap penggunaan campuran biodiesel sesuai dengan standar emisi Euro 4 yang bakal berlaku pada 2021.
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 20 Mei 2019  |  19:20 WIB
Mitsubishi Fuso Minta Biodiesel Standar Euro 4
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA--Pemerintah terus mendorong produksi dan penggunaan bahan bakar nabati untuk mengurangi impor bahan bakar minyak. Pelaku usaha berharap penggunaan campuran biodiesel sesuai dengan standar emisi Euro 4 yang bakal berlaku pada 2021.

Director Sales and Marketing PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors Duljatmono mengatakan, kendaraan Mitsubishi Fuso siap untuk menerapkan stadar emisi Euro 4. Dari sisi bahan bakar diharapkan pemerintah menyediakan bahan bakar yang sesuai dengan Euro 4 yang akan berlaku pada 2021 nanti.

"Pasti pemerintah mempersiapkan seiring dengan Euro 4, sekarang B20 masih sesuai deng Euro2 dan sedang uji B30, sedang dipersiapkan karena baru uji coba" paparnya.

Duljatmono menjelaskan, uji coba B30 saat ini menggunakan kendaraan yang ada atau yang masih menerapkan standar Euro 2. Hasil uji coba B30 kemungkinan baru diketahui pada akhir tahun ini.

Untuk Euro 4, menurutnya, produsen pada dasarnya siap sementara konsumen wajib mengikuti karena aturan dan standar global menuju pada kendaraan yang lebih ramah lingkungan. Dari sisi harga, kendaraan diesel Euro 4 bisa saja mengalami penyesuaian harga tetapi sangat tergantung pada level penerimaan pasar.

"Peluangnya dua-duanya, bisa naik bisa tidak, kalau kami naikan harga pasar tidak terima, tidak ada yang beli. Tentu ada investasi tambahan untuk Euro 4," tambahnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Mandatori Biodiesel, Mitsubishi Fuso

Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top