Volkswagen Siapkan Serangan Mobil Listrik, Tesla Tak Tinggal Diam

Volkswagen AG akan mencari tahu apakah konsumen akan mendukung strategi 30 miliar euro (US$34 miliar) untuk menggulingkan Tesla Inc. sebagai pemimpin mobil listrik.
Fatkhul Maskur | 09 Mei 2019 12:50 WIB
Volkswagen ID. - VW

Bisnis.com, WOLFBURG - Volkswagen AG akan mencari tahu apakah konsumen akan mendukung strategi 30 miliar euro (US$34 miliar) untuk menggulingkan Tesla Inc. sebagai pemimpin mobil listrik.

Raksasa mobil Jerman itu kini mengutip 1.000 euro untuk pemesanan salah satu serangkaian model baru bertenaga baterai. Hatchback ID.3 baru - yang VW harapkan menjadi penerus mobil listrik Beetle yang ikonik - akan dipasarkan seharga kurang dari 30.000 euro, kira-kira selevel dengan varian diesel hatchback Golf terlarisnya.

"Kami tidak main-main," kata kepala penjualan VW Juergen Stackmann di sebuah acara di Berlin meluncurkan program reservasi. "Ini adalah mobil yang harus mengalahkan masa depan, untuk semua pesaing kami."

ID.3 mengawali peluncuran lebih dari 20 model bertenaga baterai di tahun-tahun mendatang dengan target penjualan lebih dari 1 juta mobil listrik pada 2025. Upaya ambisius ini memicu persaingan di segmen, yang mana pembuat mobil berjuang untuk menghasilkan pengembalian dan terutama didorong oleh peraturan polusi yang lebih ketat. Stackmann mengatakan bahwa mobil listriknya "harus menghasilkan uang."

Sementara beberapa konsumen telah menunjukkan minat pada kendaraan ini - yang umumnya lebih mahal tetapi memiliki kisaran kurang dari model pembakaran - mobil listrik belum menembus pasar massal.

Untuk menarik minat, VW menawarkan edisi khusus ID.3 yang terbatas pada 30.000 kendaraan dan termasuk pengisian gratis selama 1 tahun di stasiun yang terhubung dengan aplikasi WeCharge. Pemesanan terbuka untuk konsumen di 29 negara di seluruh Eropa, dengan Jerman, Norwegia dan Belanda diharapkan menjadi salah satu pasar teratas, menurut VW.

Stackmann mengharapkan buku reservasi akan diisi sebelum perusahaan secara resmi meluncurkan mobil pada September.

Varian terbatas dibanderol seharga kurang dari 40.000 euro, dan termasuk baterai yang mampu memberi daya mobil selama 420 kilometer (260 mil). Versi dasar memiliki jangkauan 330 kilometer, sedangkan model top-of-the-line dapat berkendara sejauh 550 kilometer dengan biaya tambahan.

Dalam perkembangannya di medan pasar, Tesla telah mengirim email ke calon pelanggan Jerman pada Rabu, yang menyebut bahwa Model S dan Model X adalah mobil listrik dalam produksi seri yang memiliki jangkauan terbaik.

Volkswagen dijadwalkan untuk memulai perakitan massal ID.3 akhir tahun ini, dengan pengiriman pertama pada pertengahan 2020. Secara keseluruhan, VW menargetkan penjualan 100.000 unit ID.3 setiap tahun.

Tesla mengumpulkan US$2,35 miliar minggu lalu untuk membayar pundi-pundi di tengah perjuangan untuk menghasilkan keuntungan secara berkelanjutan. Dorongan produsen mobil yang berbasis di California ini ke Eropa dan China menempatkannya dalam persaingan langsung dengan VW dan merek saudaranya di kelas atas Audi dan Porsche, yang juga meningkatkan rencana mobil listrik.

"Volkswagen adalah pemain besar, dan ketika kami pergi, banyak orang mengikuti," kata Stackmann.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Volkswagen AG

Sumber : Bloomberg

Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top
Tutup