Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Keluar dari Eropa Barat, Infiniti Incar Pasar Amerika dan China

Merek premium Nissan Motor, Infiniti akan keluar dari Eropa Barat awal tahun depan. Pabrikan merestrukturisasi operasi pasal globalnya dan mengalihkan perhatian pada penjualan di pasar mobil terbesar di dunia, Amerika Serikat dan China.
Infiniti QX Inspiration. /NISSAN
Infiniti QX Inspiration. /NISSAN

Bisnis.com, JAKARTA – Merek premium Nissan Motor, Infiniti akan keluar dari Eropa Barat awal tahun depan. Pabrikan merestrukturisasi operasi pasal globalnya dan mengalihkan perhatian pada penjualan di pasar mobil terbesar di dunia, Amerika Serikat dan China.

Berdasarkan laporan reuters, Infiniti berencana untuk menghentikan produksi Sedan Q30 dan sport utility vehicle seri QX30 dan menghentikan produksinya pada pertengahan 2019 di pabrik Nissan di Sunderland, Inggris. Kedua model tersebut dijual secara global namun hanya diproduksi di negara itu.

Upaya Infiniti ini dilakukan untuk mengalihkan sumber dayanya ke pasar dengan peluang lebih besar yaitu China dan AS. Selain itu, Nissan juga membatalka rencana membangun X-Trail SUV baru di Inggris di tengah ketidakpastian seputar Brexit.

"Eropa Barat tetap menjadi wilayah yang paling menantang dan kompetitif untuk mobil-mobil premium," kata juru bicara Infiniti Trevor Hale dilansir Reuters, Selasa (12/3/2019).

Selain persaingan ketat, merek premium Jepang, yang berkantor pusat di Hong Kong sejak 2012 itu telah berjuang secara efektif memenuhi syarat emisi dan peraturan lainnya di kawasan Eropa. Benua Biru saat ini menerapkan beberapa syarat termasuk terpenuhinya emisi Euro 6.

"Realitas komersial untuk Infiniti di Eropa barat adalah tidak ada visibilitas bisnis yang layak dan berkelanjutan, terutama mengingat tantangan peraturan," katanya.

Infiniti mengatakan, keluar dari Eropa barat akan memungkinkannya untuk fokus pada inisiatifnya untuk membangun proyek mobil listrik yang ditargetkan mulai 2021 serta menghentikan penawaran kendaraan diesel. "Ini semua adalah bagian dari visi Infiniti untuk menjadi merek penantang teratas di segmen premium."

Saat bersiap untuk menarik diri dari Eropa barat, Infiniti kini sedang berupaya mencari peluang alternatif bagi karyawan yang akan terkena dampak di Eropa Barat serta berkonsultasi dengan perwakilan karyawan terkait mengidentifikasi peluang untuk transisi pekerjaan dan dukungan pelatihan jika diperlukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rayful Mudassir
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper