Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PO Bersiap-siap Belanja Armada, Ini Spesifikasi Bus yang Diincar

Perusahaan otobus berencana memulai belanja armada untuk peremajaan seusai Pilpres atau pada semester kedua tahun ini, seiring dengan beroperasinya jalan tol Trans Jawa.
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 17 Februari 2019  |  21:55 WIB
Bus AntarKota AntarProvinsi menunggu penumpang di Terminal Kampung Rambutan. - JIBI/Nurul Hidayat
Bus AntarKota AntarProvinsi menunggu penumpang di Terminal Kampung Rambutan. - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan otobus berencana memulai belanja armada untuk peremajaan seusai Pilpres atau pada semester kedua tahun ini, seiring dengan beroperasinya jalan tol Trans Jawa.

Ketua Umum Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI) Kurnia Lesani Adnan mengatakan bahwa pada awal tahun ini pelaku usaha otobus mulai mempelajari spesifikasi bus yang cocok dengan kebutuhan jarak tempuh.

"Tentu butuh bus premium dengan tenaga besar, torsi besar akan lari ke sana," ujarnya kepada Bisnis, Minggu (17/2/2019).

Selain bus premium, salah satu yang juga dilirik ialah bus tingkat atau double decker. Pasalnya, kualitas layanan akan menjadi poin krusial untuk bersaing dengan moda transportasi lain.

"Karena kapasitas [banyak] dan layanan yang baik. Bagaimana bikin moda transportasi senyaman mungkin tetapi kapasitas mumpuni. Arahnya ke sana," tambahnya.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat penjualan bus sepanjang 2018 sebanyak 3.519 unit, turun 2,2% dibandingkan tahun 2018. Penurunan paling dalam terjadi pada bus besar, sementara bus medium turun tipis.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Perusahaan Otobus
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top