Mobil Kabin Ganda Tumbuh di Sektor Komoditas dan Tambang

Penjualan kendar kabin ganda tahun lalu bertumbuh 15% menjadi 15.630 unit. Pertumbuhan tersebut merupakan dampak dari pertumbuhan sektor riil atau komoditas, seperti pertambangan dan perkebunan
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 14 Februari 2019  |  17:00 WIB
Mobil Kabin Ganda Tumbuh di Sektor Komoditas dan Tambang
CEO Mitsubishi Motors Osamu Masuko berdiri di depan New Mitsubishi Triton/L200 yang diluncurkan pertama kali di dunia di Bangkok, Thailand, Jumat (9/11). - Bisnis/Yusran Yunus

Bisnis.com, JAKARTA – Penjualan kendaraan di segmen kabin ganda tahun lalu bertumbuh sekitar 15% menjadi 15.630 unit bila dibandingkan dengan capaian tahun sebelumnya yakni 13.667 unit. Pertumbuhan tersebut merupakan dampak dari pertumbuhan sektor riil atau komoditas seperti pertambangan dan perkebunan.

Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) Jongkie D. Sugiarto mengatakan bahwa pertumbuhan kendaraan kabin ganda (double cabin) biasanya berbanding lurus dengan pertumbuhan di sektor perkebunan dan pertambangan.

“Sesuai dengan peruntukkannya, kendaraan double cabin banyak digunakan di pertambangan atau perkebunan. Jadi kalau sektor-sektort tersebut tumbuh, pasti mobil double cabin juga akan tumbuh,” ujarnya kepada Bisnis, Rabu (13/2/2019).

Menurutnya, kendati sebagian pabrikan mendatangkan produknya secara utuh atau completely built-up (CBU), segmen kabin ganda juga memberikan peranan pada ekspor hasil perkebunan dan pertambangan.

Dia juga menambahkan, sektor fleet menjadi andalan segmen ini meskipun ada beberapa konsumen yang memanfaatkan jenis kendaraan ini sebagai mobil penumpang.

"Pasti ada konsumen yang memanfaatkan kendaraan kabin ganda sebagai kendaraan sehari-hari di perkotaan tetapi jumlahnya sedikit," imbuhnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
otomotif, Mobil Kabin Ganda

Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top