Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Studi Forsa: 1 dari 4 Warga Jerman Inginkan Ekspansi Mobil Berbagi

Studi Forsa menunjukkan satu dari empat warga di Jerman menginginkan perluasan layanan mobil berbagi, menunjukkan kesadaran lingkungan yang tinggi.
Satu dari empat warga Jerman ingin layanan berbagi mobil diperluas. /DAIMLER
Satu dari empat warga Jerman ingin layanan berbagi mobil diperluas. /DAIMLER

Bisnis.com, STUTGART - Studi Forsa menunjukkan satu dari empat warga di Jerman menginginkan perluasan layanan mobil berbagi, menunjukkan kesadaran lingkungan yang tinggi.

Studi dilakukan pada 22 - 28 November 2018 dengan metode prosedur multi-stage random sebagai bagian dari survei multitopik yang menggunakan komputerdan wawancara telepon terhadap 1.200 orang berumur mulai 18 tahun, termasuk 1.025 pemilik mobil.

Di atas segalanya, layanan berbagi mobil pribadi masih ada ruang perbaikan, karena mobil pribadi digunakan untuk rata-rata hanya 45 menit per hari, seperti yang ditunjukkan dalam studi mobilitas Kementerian Transportasi Federal 2017.

"Studi Forsa menunjukkan bahwa pasar menginginkan layanan berbagi harus sederhana dan praktis sehingga mobil tidak dibiarkan begitu saja dalam waktu yang lama," demikian Daimler dalam keterangan pers yang dikutip, Senin (11/2/2019).

Sebanyak 25 juta orang tinggal di kota-kota Jerman. Penduduk dihadapkan dengan banyak tantangan, dari kurangnya ruang parkir dan perumahan yang terjangkau untuk transportasi umum lokal hingga kebisingan, keramaian, dan hiruk pikuk.

Dengan latar belakang ini, lembaga riset pasar Forsa mengajukan pertanyaan mengenai mobilitas dan lingkungan: langkah-langkah mana yang cocok untuk menyelesaikan tantangan ini di masa depan?

"Mayoritas dari mereka yang disurvei menginginkan bentuk perjalanan ramah lingkungan, serta lingkungan yang kuat berdasarkan rasa saling menghormati, dan kemauan untuk berbagi," kata Katrin Adt, Kepala Smart, lembaga riset pasar Forsa.

Seperempat Warga

Sebagian besar dari mereka yang disurvei berpendapat bahwa memperluas koneksi dan frekuensi dalam angkutan umum lokal (73%) dan layanan bis dan kereta api gratis (69%) adalah ide yang baik.

Setiap orang ketiga (36%) percaya bahwa mobilitas listrik harus dipromosikan dengan lebih baik. Dan setiap orang keempat (27%) menganggap berbagi mobil sebagai kandidat utama untuk perpanjangan.

Sebagian menolak larangan mengemudi di pusat kota (83%). Mereka yang disurvei juga melihat banyak keuntungan dalam mengatur berbagi mobil melalui aplikasi.

"Berbagi mobil pribadi dan mobilitas listrik telah lama berhenti menjadi sekadar visi masa depan. Dengan "ready to share" kami membuat berbagi mobil milik pribadi menjadi sangat mudah. Dari 2020, kebetulan, smart hanya akan tersedia dengan penggerak listrik, untuk jadikan kota kita lebih tenang dan bersih," Katrin Adt merespons hasilnya.

Sederhana dan Praktis

Mobil milik pribadi merupakan salah satu sarana pembantu utama sehari-hari, baik itu untuk perjalanan bekerja atau menjalankan tugas yang diperlukan. Kesediaan berbagi kendaraan dengan pasangan adalah yang tertinggi (68%). Namun, semakin sedikit orang yang saling mengenal, semakin sedikit keinginan mereka untuk berbagi mobil.

Sebanyak 41% pemilik mobil dapat membayangkan berbagi mobil dengan saudara, dan bahkan akan berbagi dengan tetangga mereka 36%. Dalam hal orang asing, kesediaan untuk meminjamkan kendaraan mereka sangat rendah. Sebanyak 92% dari mereka bilang, ini tidak mungkin.

Tetapi kapan kesediaan orang untuk berbagi mobil mereka meningkat? Sebanyak 75% pengemudi lebih siap untuk berbagi mobil mereka jika ada keadaan darurat akut dan lebih dari setengahnya jika orang yang menyewa mobil itu berjanji untuk menanganinya dengan hati-hati (62%).

Secara kebetulan, setiap responden keempat (26%) berpendapat bahwa kesediaan mereka untuk berbagi akan lebih tinggi jika penyerahannya mudah dan praktis, yaitu jika tidak membutuhkan terlalu banyak waktu untuk salah satu pihak.

Studi Forsa: 1 dari 4 Warga Jerman Inginkan Ekspansi Mobil Berbagi

Smart Ready to Share

Mobil hanya dikendarai selama rata-rata 45 menit sehari. Karena itu, di zaman ekonomi berbagi, masuk akal untuk berbagi mobil sendiri: dengan aplikasi mobil berbagi "Ready to Share".

Anggota keluarga dan teman yang diundang untuk menggunakan mobil dapat mengajukan pertanyaan pemesanan untuk orang Smart dan mencari serta membuka mobil melalui telepon pintar ketika pemiliknya melepaskannya. Jadi menyerahkan kunci tidak lagi diperlukan.

Sejak Oktober 2018 layanan Ready to Share juga telah menawarkan fungsi pembayaran: melalui aplikasi, pengguna dapat menentukan harga perjalanan per menit. Ini menjaga biaya tetap transparan dan mudah dikelola.

Layanan Ready to Share dari Smart adalah berbagi mobil pribadi tanpa menyerahkan kunci, tanpa stres dan selalu dengan kontrol penuh. Layanan Smart memungkinkan pemilik mobil yang ingin berbagi kendaraan mereka membangun jaringan berbagi mobil pribadi dengan cepat dan mudah, dan dengan demikian juga berbagi kesenangan mengemudi dan biaya serta kecerdasan mereka sendiri.

Studi Forsa: 1 dari 4 Warga Jerman Inginkan Ekspansi Mobil Berbagi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper