Penjualan Daring Mobil Bekas Bertumbuh, Avanza & Jazz Paling Dicari

Penjualan mobil bekas melalui platform daring diprediksi akan tumbuh positif hingga 2021. Toyota Avanza dan Honda Jazz menjadi dua model yang paling banyak dicari saat ini.
Thomas Mola | 31 Oktober 2018 23:40 WIB
Toyota Avanza. - TAM

Bisnis.com, JAKARTA—Penjualan mobil bekas melalui platform daring diprediksi akan tumbuh hingga 2021. Toyota Avanza dan Honda Jazz menjadi dua model yang paling banyak dicari saat ini.

General Manager OLX Indonesia Olaf van Schagen mengatakan, kehadiran platform daring dan partisipasi perusahaan pembiayaan untuk memfasilitasi kredit mobil bekas menjadi sentimen positif yang memacu pertumbuhan penjualan.

Penjualan mobil bekas juga didorong oleh peraturan pelat mobil ganjil dan genap yang baru-baru ini disahkan oleh pemerintah. Masyarakat cenderung untuk memiliki dua mobil dengan pelat nomor tertentu, untuk memudahkan mobilitasnya sehari-hari.

Dia mengklaim, OLX sebagai salah satu platform penjualan ikut merasakan imbas peningkatan permintaan mobil bekas. Sedikitnya, terdapat lebih dari 5,5 juta pembeli yang mencari mobil di OLX setiap tahunnya.

“Permintaan pun tidak hanya datang dari Jabodetabek, tetapi juga kota-kota besar seperti Surabaya, Medan, Bandung dan Makasar,” ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (31/10/2018).

Van Schagen menyebutkan, kecepatan menjual dan jangkaun yang luas, menjadi alasan pengguna untuk menjual mobilnya di OLX. Setiap tahun terdapat 6 juta iklan mobil di OLX yang dipasang oleh penjual individu ataupun pebisnis/diler.

Dia mengklaim hingga tahun ini, terdapat lebih dari 9.000 diler mobil bekas yang memanfaatkan OLX untuk memasarkan mobil dagangannya. Para dealer yang memanfaatkan OLX untuk bisnisnya mengungkapkan bahwa mobil 7- seater masih menjadi favorit banyak pembeli.

“Ini dapat dilihat dari merek dan tipe mobil yang paling banyak diiklankan melalui OLX, yaitu Toyota Avanza. Dari tahun ke tehun, mobil ini selalu menempati urutan pertama mobil yang paling banyak dijual,” tambahnya.

Selaras dengan ungkapan para dealer di OLX, Toyota Avanza dinilai masih mendominasi pasar mobil bekas, khususnya di wilayah Bali, Jakarta, dan Surabaya. Harga yang tejangkau dan efisiensi bahan bakar menjadi daya tarik bagi Toyota Avanza dibandingkan dengan mobil setipe lainnya.

Di Bali khususnya, Toyota Avanza sangat diminati oleh jasa penyewaan mobil untuk mengantar turis berkunjung ke berbagai tempat rekreasi. Beberapadealer di OLX menginformasikan bahwa mereka memiliki persediaan Toyota Avanza yang tinggi karena harga jual yang tetap stabil, meskipun telah digunakan selama 3 --5 tahun.

Posisi kedua ditempati oleh Honda Jazz. Selain menjadi mobil yang paling banyak dicari oleh penguna OLX, dari sisi suplai, mobil ini juga menempati urutan kedua. Honda Jazz banyak dipasarkan dengan harga Rp105 juta– Rp180 juta di OLX, dan banyak dijual di Jabodetabek, Surabaya, Bandung, dan Denpasar.

Menurut informasi para dealer, Honda Jazz paling banyak dicari oleh wanita, khususnya ibu muda dan mahasiswi. Ukurannya yang compact, pilihan warna yang beragam, serta efisiensi bahan bakar, menjadi daya tarik utama dari mobil ini. Selain itu, harga jual Honda Jazz cukup dinilai cukup stabil oleh para dealer, meskipun telah digunakan 2 – 3 tahun.

Dari segi segmen mobil, MPV menempati urutan pertama sebagai mobil yang paling banyak dicari oleh pengguna OLX. Diurutan selanjutnya terdapat Hatchback, SUV, Sedan, dan Pickup/Truck secara berurut. Toyota Avanza pun masih menempati posisi pertama sebagai mobil MPV yang paling banyak dicari. Harga jual Toyota Avanza, di OLX, mancapai Rp110 juta–Rp150 juta rupiah.

Tag : toyota avanza, Mobil Bekas
Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top