Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasar KBH2 Menyusut 6,13%, Dua Model Ini Bertumbuh

Penjualan kendaraan bermotor hemat energi dan harga terjangkau tercatat lebih rendah 6,13% pada 9 bulan tahun ini dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Kondisi pasar dinilai mulai stabil setelah pada tahun lalu terdongkrak akibat model baru.
Pembeli all-new Honda Brio. /HPM
Pembeli all-new Honda Brio. /HPM

Bisnis.com, JAKARTA—Penjualan kendaraan bermotor hemat energi dan harga terjangkau tercatat lebih rendah 6,13% pada 9 bulan tahun ini dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Kondisi pasar dinilai mulai stabil setelah pada tahun lalu terdongkrak akibat model baru.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Toyota sebagai salah satu pemimpin pasar tercatat lebih rendah 14,56%. Selain Toyota, Suzuki dan Datsun juga mengalami penurunan masing-masing 6,23% dan 10,01%.

Adapun Daihatsu dan Honda tercatat mengalami pertumbuhan penjualan ke dealer atau wholesales masing-masing positif 2,41% dan 1,85% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM) mengungkapkan, penurunan wholesales yang terjadi lantaran tahun ini memasuki masa stabil bagi penjualan Kendaraan Bermotor Hemat Energi Dan Harga Terjangkau (KBH2)

“Dan diprediksi akan tetap stabil sampai akhir 2018,” kata Henry kepada Bisnis, beberapa waktu lalu.

Dia menjelaskan, pasar penjualan ke dealer KBH2 memang menunjukkan yang tertinggi pada 2016 dan 2017. Kondisi tersebut dapat terjadi lantaran terdapat model baru Sigra dan Calya yang diluncurkan.

Kedua model baru tersebut, lanjutnya mendapatkan respon positif dari pasar, dan dampak dari periode peluncuran kedua produk tersebut masih dirasakan sampai 2017.

Perusahaan, lanjutnya, menargetkan dapat mempertahankan rata-rata wholesales saat ini, yaitu 7.700 unit per bulan sampai akhir tahun atau berada pada kisaran 93.000 unit.

Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie D. Sugiarto, mengungkapkan, pihaknya berharap penjualan KBH2 sepanjang akhir tahun ini tidak jauh berbeda dengan penjualan pada periode yang sama tahun lalu.

“Mudah-mudahan sampai akhir tahun bisa mirip dengan tahun lalu,” kata Jongkie, Kamis (25/10/2018).

Dia mengingatkan, pangsa pasar mobil tersebut mencapai 22% dari total penjualan secara nasional sepanjang tahun lalu. Sementara pada Januari—September tahun ini, pangsa pasarnya mencapai 20%.

Tidak hanya itu, lanjutnya rata-rata penjualan kendaraan tersebut juga mencapai 225.000 unit per tahun yang menunjukkan kinerja KBH2 cukup memuaskan di dalam negeri.

Sebelumnya, Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Jonfis Fandy, mengungkapkan, pangsa pasar KBH2 dan city car di dalam negeri terus menunjukkan peningkatan sejak pertama kali ada.

Tidak hanya itu, KBH2 dan city car telah menjadi pangsa pasar kedua terbesar dari total penjualan kendaraan di dalam negeri dalam satu tahun. Oleh karena itu, prospek pasar kendaraan tersebut cukup bagus dan optimistis dengan penjualan all new Brio yang diluncurkannya.

HPM menargetkan, penjualan all new Brio yang diluncurkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di BSD, Tangerang, Banten berada pada kisaran 4.000—5.000 unit per bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yudi Supriyanto
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper