Volvo dan NVIDIA Kembangkan Kecerdasan Buatan Mobil SPA 2

Volvo Cars, pembuat mobil premium, dan NVIDIA, perusahaan komputasi kecerdasan buatan (AI) terkemuka, bergabung untuk mengembangkan komputer inti berkemampuan tinggi yang mampu menyediakan AI untuk mobil Volvo generasi berikutnya.
Fatkhul Maskur | 12 Oktober 2018 23:30 WIB
Hkan Samuelsson, President & CEO, Volvo Car Group. - volvo

Bisnis.com, GOETHENBERG - Volvo Cars, pembuat mobil premium, dan NVIDIA, perusahaan komputasi kecerdasan buatan (AI) terkemuka, bergabung untuk mengembangkan komputer inti berkemampuan tinggi yang mampu menyediakan AI untuk mobil Volvo generasi berikutnya.

Komputer inti ini didasarkan pada teknologi NVIDIA DRIVE AGX Xavier dan akan memungkinkan Volvo Cars mengimplementasikan platform komputasi lanjutan untuk mobil barunya pada platform kendaraan Scalable Product Architecture 2 (SPA 2) yang akan datang. Mobil pertama dengan komputer inti baru akan muncul awal dekade berikutnya.

Perjanjian ini akan memperdalam kolaborasi dan kemitraan yang ada antara Volvo Cars dan NVIDIA. Tahun lalu perusahaan memulai pengembangan bersama sistem dan perangkat lunak canggih untuk mobil self-driving.

Platform komputasi baru akan menggunakan kemajuan NVIDIA dalam AI serta kekuatan komputasinya yang tak tertandingi, memungkinkan Volvo Cars mengambil langkah-langkah yang cukup maju dalam menerapkan sistem dukungan driver lanjutan, teknologi manajemen energi, dan opsi personalisasi dalam mobil.

Menambahkan kemampuan persepsi tingkat 360 derajat dan sistem pemantauan driver, komputer inti akan membantu Volvo Cars dengan aman memperkenalkan mobil yang sepenuhnya otonom.

"Peluncuran drive otonom yang sukses akan membutuhkan sejumlah besar daya komputasi serta kemajuan konstan dalam kecerdasan buatan," kata Håkan Samuelsson, Presiden dan Kepala Eksekutif Volvo Cars, dalam keterangan pers, Rabu (10/10/2018). “Kesepakatan kami dengan NVIDIA adalah bagian penting dari teka-teki itu dan membantu kami untuk memperkenalkan mobil Volvo sepenuhnya secara otonom kepada pelanggan kami.”

"Sebagai pemimpin dunia dalam teknologi keamanan dan inovasi, Volvo memahami ada hubungan langsung antara keamanan, kenyamanan, dan kemampuan komputasi di dalam kendaraan," kata Jensen Huang, pendiri dan CEO NVIDIA.

Arsitektur kendaraan SPA 2 yang akan datang adalah generasi terbaru dari arsitektur kendaraan modular SPA yang memenangkan penghargaan Volvo Cars, yang menjadi dasar dari semua mobil Seri 90 dan 60 yang diluncurkan dalam beberapa tahun terakhir. Mereka telah berperan dalam perputaran operasional dan keuangan Volvo Cars sejak 2010.

SPA 2 mengambil keuntungan yang ada dari arsitektur SPA modular dan menambahkan teknologi generasi berikutnya di berbagai bidang seperti elektrifikasi, konektivitas, dan penggerak otonom. Komputer inti yang kuat memainkan peran kunci dalam proses ini dan menyediakan rute yang jauh lebih mudah menuju pembaruan perangkat lunak over-the-air biasa.

Volvo Cars berkomitmen untuk mengembangkan hubungan strategis dengan pihak ketiga untuk meningkatkan pengenalan teknologi baru, merangkul gangguan yang saat ini sedang berlangsung di industri mobil.

Tag : Volvo Cars
Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top