Ungkap Chasis ID Baru, Volkswagen Tunjukkan Mobil Listrik Paling Inovatif

Volkswagen telah mempresentasikan sasis ID jajaran keluarga model listriknya yang baru untuk pertama kalinya dan menawarkan pandangan awal pada strategi platform unik untuk mobil listrik yang akan digunakan merek tersebut untuk mengubah visinya.
Fatkhul Maskur | 21 September 2018 17:55 WIB
Volkswagen ID. dibangun dengan basis platform MEB. - VOLKSWAGEN

Bisnis.com, WOLFBURG - Selimut sudah tersingkap. Volkswagen telah mempresentasikan sasis ID jajaran keluarga model listriknya yang baru untuk pertama kalinya - dan menawarkan pandangan awal pada strategi platform unik untuk mobil listrik yang akan digunakan merek tersebut untuk mengubah visinya.

Semua menjadi kenyataan. Matriks penggerak elektrik modular (MEB, Modularer Elektrobaukasten) yang berfungsi sebagai fondasi sasis ID. adalah proposisi penjualan yang benar-benar unik bagi Volkswagen. Ini juga menunjukkan komitmen bahwa perusahaan yang berbasis Wolfsburg itu telah melangkah untuk electromobility.

Tidak seperti praktik pasar pada umumnya, ID. sasis bukanlah platform yang dimodifikasi secara retroaktif untuk kendaraan bertenaga bensin. Sebaliknya, itu dirancang dari awal dengan e-drive dalam gagasan.

Volkswagen dapat secara optimal memanfaatkan potensi teknologinya sebagai hasilnya. Terlebih lagi, desain dan konsep kendaraan lebih fleksibel dari sebelumnya - rentang spektrum dari mobil kompak hingga SUV dan van.

"ID merupakan tonggak perkembangan teknologi. Ini akan menjadi mobil listrik pertama yang sepenuhnya terhubung dan berfungsi penuh yang dapat dinikmati jutaan orang,” kata Christian Senger, Kepala Lini Produk Volkswagen e-Mobility, dalam keterangan pers, Kamis (20/9/2018).

Dengan desain avant-garde-nya, ID. generasi kendaraan nol-emisi akan mengesankan pelanggan dengan jangkauannya, sesuatu yang akan mendekati tingkat mesin bertenaga bensin saat ini. ID. akan menjadi anggota pertama keluarga yang akan dijual pada 2020 - mobil compact empat pintu yang sepenuhnya terhubung yang harganya hampir sama dengan diesel Golf.

Dimensi interior dan variabilitas ID. hanya akan menulis ulang batasan kelas. Pengemudi dan penumpang akan mengalami kenyamanan ruang yang luar biasa, sebanding dengan kelas kendaraan yang lebih tinggi berikutnya.

Ini semua dimungkinkan karena wheelbase yang sangat panjang dan menghasilkan overhang pendek. Tidak dibutuhkan mesin pembakaran internal, oleh karena itu gandar dapat ditempatkan jauh ke luar.

Lihatlah ID. chassis mengungkapkan e-motor yang telah diintegrasikan ke dalam poros belakang dan baterai yang telah ditempatkan di lantai kendaraan, di antara lainnya.

Ini menawarkan distribusi berat yang optimal untuk kesenangan berkendara yang maksimum, menyediakan penumpang dengan posisi duduk yang tinggi dan nyaman pada saat yang bersamaan.

Transmisi daya dari motor ke poros belakang dilakukan dengan gearbox satu gigi. Di bawah Standar WLTP, spektrum rentang terukur untuk setiap ID. Model akan menjadi 330 kilometer hingga 550 kilometer. Sistem pengisian daya cepat dengan 125 kWh akan membuat waktu tunggu yang jauh lebih singkat dan memungkinkan untuk beralih dari muatan nol menjadi 80% dalam waktu 30 menit.

Matriks penggerak elektrik modular (MEB) yang menjadi landasan chassis akan berfungsi sebagai matriks teknis tidak hanya untuk semua model ID Family Volkswagen, tetapi juga untuk banyak mobil listrik dari empat merek Grup lainnya: Audi, SEAT, SKODA dan Volkswagen Commercial Vehicles.

Dengan demikian, MEB akan digunakan oleh lima merek dan di tiga wilayah di dunia. “Matriks penggerak elektrik modular (MEB) bisa dibilang proyek paling penting dalam sejarah Volkswagen, mirip dengan transisi dari Beetle ke Golf,” kata Thomas Ulbrich, Anggota Dewan Manajemen Merek Volkswagen yang bertanggung jawab atas e-mobilitas.

"Ini akan menjadi landasan bagi lebih dari 10 juta mobil listrik di seluruh Grup dalam gelombang pertama dan akan memadamkan jejak kami ke era mobil listrik."

Tag : Mobil Listrik, Volkswagen ID.
Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top