Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mercedes-Benz T80: Mobil Tercepat yang Tak Pernah Sentuh Lintasan

Didesain oleh Ferdinand Porsche, didukung oleh mesin aero DB 603 dan dirancang menghasilkan 3.000 hp (2206 kW), Mercedes-Benz T80 adalah mobil tercepat di dunia dengan empat roda dan mencapai kecepatan 373 mph di jalan tol dekat Dessau pada awal 1940.
Mercedes-Benz T8. /Mercedes-Benz
Mercedes-Benz T8. /Mercedes-Benz

Bisnis.com, STUTTGART - Didesain oleh Ferdinand Porsche, didukung oleh mesin aero DB 603 dan dirancang menghasilkan 3.000 hp (2206 kW), Mercedes-Benz T80 adalah mobil tercepat di dunia dengan empat roda dan mencapai kecepatan 373 mph di jalan tol dekat Dessau pada awal 1940.

Namun, prahara Perang Dunia II membuat mobil tidak selesai dibangun sehingga T80 tidak pernah menghantam jalan.

Berikut beberapa fakta tentang Mercedes-Benz T80

Supercepat

Pada akhir 1930-an, pembalap Hans Stuck berencana untuk memecahkan rekor kecepatan dunia mutlak dengan Mercedes-Benz T 80. Kecepatan tertinggi 650 km/jam diperkirakan, dan karena itu peningkatan yang signifikan atas catatan yang ada (595,04 km / jam) capai oleh John Cobb pada Agustus 1939.  Namun karena prahara Perang Dunia Kedua, T80 yang dirancang dengan output hingga 2.574 kW (3.500 hp) tidak pernah digunakan.

Ukuran

Tubuh ramping, datar dan aerodinamis yang dioptimalkan membuat T80 terlihat elegan dan hampir anggun dalam foto. Bahkan, pemecah rekor ini benar-benar besar: panjangnya lebih dari 8 meter, dan masing-masing dari enam rodanya memiliki diameter 1,17 meter.

Kendaraan lengkap

Kendaraan asli sepenuhnya diabadikan dalam koleksi Mercedes-Benz Classic. Tubuh T80, termasuk spaceframe yang berfungsi sebagai bingkai pendukung dan roda, adalah sebuah daya tarik tersendiri dalam pameran permanen di Museum Mercedes-Benz.

Mercedes-Benz T80: Mobil Tercepat yang Tak Pernah Sentuh Lintasan

Teknologi terbaiknya

Di musim panas 2018 Mercedes-Benz Classic menghadirkan sasis asli sebagai pameran untuk pertama kalinya. Dengan semua komponen termasuk mesin cutaway DB 603, itu memberikan wawasan mendalam ke dalam sejarah teknis 1930-an. Untuk menempatkan dimensi kendaraan lengkap ke dalam perspektif, Pusat Klasik telah memasang spaceframe yang direkonstruksi secara otentik ke chassis, serta roda yang direplikasi secara otentik.

Teknologi berkinerja tinggi

Sasis T80 mencerminkan keadaan teknis dari seni seperti pada 1940. Pusatnya adalah powertrain yang kuat dengan mesin, kopling sentrifugal, gandar dan rem. Kokpit dengan roda kemudi kulit, klaster pedal, instrumen dan kursi pengemudi dengan kain asli sepenuhnya diawetkan. Tepat di sebelah ini adalah pelat model bertuliskan "Daimler-Benz Aktiengesellschaft Typ 80".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper