Simak, 5 Produk World Premiere Mercedes-Benz Bus di IAA 2018

Daimler Bus siap menyongsong ajang pameran ke IAA Commercial Vehicles 2018 pada September dengan sederet produk yang akan meluncur untuk pertama kalinya di dunia.
Fatkhul Maskur | 12 Juli 2018 14:17 WIB
Mercedes-Benz e-Citaro. Lima produk baru Mercedes-Benz Bus siap memulai debut di IAA Commercial Vehicle 2018. - Daimler

Bisnis.com, STUTTGART - Daimler Bus siap menyongsong ajang pameran ke IAA Commercial Vehicles 2018 pada September dengan sederet produk yang akan meluncur untuk pertama kalinya di dunia.

Internationale Automobil-Ausstellung Commercial Vehicles atau lebih dikenal sebagai IAA Commercial Vehicles adalah ajang pameran kendaraan niaga terbesar yang digelar 2 tahun sekali di Jerman.

Tahun ini, IAA Commercial Vehicle 2018 akan digelar di Hannover, 20-27 September 2018.

Berikut sejumlah produk Daimler yang akan menjalani debut pertamanya ke dunia, seperti dikutip dalam keterangan pers, Selasa (10/7/2018).

1. Mercedes-Benz eCitaro

All new Mercedes-Benz eCitaro adalah bus kota yang dilahirkan sebagai bagian dari inisiatif pabrikan Jerman ini untuk mewujudkan era mobilitas listrik (e-mobility).

Mercedes-Benz eCitaro diklaim menawarkan standar menawan dan belum pernah terjadi sebelumnya dalam efisiensi energi, berkat sistem manajemen termal inovatifnya yang menggunakan komponen inovatif yang tersedia untuk pertama kalinya dengan peluncuran eCitaro.

Mercedes-Benz eCitaro adalah awal dari inisiatif inovasi untuk mobilitas listrik, karena bersama dengan premier-nya itu, Daimler Bus sudah menyajikan jadwal dalam waktu dekatn untuk peluncuran untuk powertrain bus kota.

Mercedes-Benz e-Citaro sudah mencakup sebagian besar operasi bus kota saat ini, hanya dalam beberapa tahun saja, dan akan dapat sepenuhnya mengganti mesin pembakaran dengan teknologi baterai dan sel bahan bakar sebagai tambahan pilihan barunya.

Mercedes-Benz e-Citaro jauh lebih dari sekadar bus kota, lantaran bus ini dilahirkan dengan dibekali paket sistem eMobility dari Daimler Bus.

Sistem eMobility ini mendukung operator transportasi, mulai dari layanan konsultasi menyeluruh dan bantuan sistem manajemen biaya cerdas untuk pelatihan karyawan, hingga penyediaan layanan khusus.

Sistem eMobility Mercedes dam Mecedes-Benz eCitaro telah membuka jalan untuk peralihan ke mobilitas listrik di perkotaan.

2. Mercedes-Benz Sprinter

MercedesBenz Sprinter telah menjadi basis bagi generasi terbaru minibus yang sukses dengan membawa logo bintang tiga. Seperti sebelumnya, generasi terbaru terdiri dari seri model Sprinter, yakni Sprinter City, Sprinter Transfer, Sprinter Mobility dan Sprinter Travel.

Ketiga seri model tersebut akan diluncurkan berturut-turut. Nama-nama tersebut mencerminkan varian penggunaan operasi, masing-masing sebagai bus shuttle serbaguna, mengangkut penumpang dengan mobilitas terbatas, dan untuk transportasi wisata.

Dengan demikian Sprinter sebagai minibus itu mencakup semua jenis operasi yang bisa dilakukan.

Sprinter City 75 dengan teknologi eksklusif memainkan peran penting. Berkat jarak sumbu roda yang panjang, bus kota yang padat dengan tubuh rangka yang tersembunyi menawarkan platform lantai rendah yang besar. Berkat gandar belakangnya yang eksklusif dan berkapasitas tinggi, bus ini memiliki kapasitas untuk melayani penumpang dalam jumlah besar.

3. Mercedes Setra S 531 DT

Mercedes Setra S 531 DT terbaru yang segera diluncurkan ini akan menjadi varian tertinggi dalam line-up Setra. Model terbaru dari bus tingkat ini dilengkapi sistem bantuan baru untuk meningkatkan level keamanan tinggi dari bus kota dan bus pariwisata.

Selain penampilannya yang mengesankan, Mercedes Setra S 531 DT diklaim menempati posisi teratas dalam hal efisiensi bahan bakar, aerodinamis, variabilitas maksimum, kenyamanan, dan tingkat keselamatan tertinggi.

Karena variabel dek lebih rendah, pelatih tur ini mencakup semua operasi dalam transportasi wisata dan layanan reguler.

Dengan aerodinamis superlatif, Mercedes Setra S 531 DT siap mencatatkan angka efisiensi bahan bakar baru di segmennya. Armada ini juga dilengkapi dengan peralatan keamanan standar yang komprehensif, seperti  Active Brake Assist 4 yang baru hingga sistem pemadaman api.

4. Standar Baru

Mercedes Benz dan Setra sekali lagi menetapkan standar dalam keselamatan aktif di IAA 2018 dengan sistem bantuan. Active Brake Assist 4 untuk armada tur adalah sistem bantuan rem pertama yang juga rem untuk pejalan kaki.

Ini akan menjadi peralatan standar pada pelatih tur dari MercedesBenz dan Setra di 2019. Preventive Brake Assist adalah sistem bantuan pengereman aktif pertama yang pernah ada untuk bus kota.

Fitur bantuan ini akan menjadi perlengkapan standar pada bus pariwisata dari MercedesBenz dan Setra pada 2019.

Sideguard Assist adalah sistem bantuan pertama untuk memperingatkan pejalan kaki, pengendara sepeda dan hambatan stasioner ketika berputar. Ini tersedia untuk seluruh rentang bus kota dan tur pelatih dari MercedesBenz dan Setra.

Ketiga bantuan tersebut tidak membebani pengemudi dalam pekerjaannya dan melindungi pengguna jalan yang lebih rentan. Ketiganya bisa menyelamatkan nyawa.

5. Uptime dan Omniplus On

Layanan untuk bus dan armada angkutan menjadi digital dengan Omniplus On, dan membuka kemungkinan baru bagi operator dan pengemudi bus berkat konektivitas. Layanan digital dibundel dengan cara yang diatur dengan jelas di portal Internet baru Omniplus On.

Omniplus On awalnya bertumpu pada tiga pilar. Omniplus On advance memastikan ketersediaan armada maksimum untuk operator bus, misalnya dengan layanan revolusioner Omniplus Uptime untuk terus memantau sistem kendaraan yang relevan secara real time.

Data dianalisis dan diinterpretasikan secara kontinyu. Jika ada malfungsi teknis yang parah, operator bus segera diberitahu oleh Omniplus 24h Service, bersama dengan tindakan yang disarankan konkret untuk mencegah kerusakan kendaraan.

Omniplus On Monitor menggabungkan layanan telematika untuk manajemen armada yang efisien. Akhirnya, Omniplus On Drive memastikan komunikasi antara pengemudi dan perusahaan, dan membantu pengemudi dengan pemeriksaan keberangkatan harian yang diperlukan.

 

Tag : Bus Listrik, IAA Commercial Vehicles 2018
Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top