Hino Kembangkan Fitur Pengemudian Darurat EDSS, Inilah Fungsi Utamanya

Hino Motors, Ltd. telah mengembangkan Emergency Driving Stop System (EDSS) yang berfungsi menghentikan kendaraan jika pengemudi dilumpuhkan oleh penyakit mendadak atau penyebab lainnya
Muhammad Khadafi | 30 Juni 2018 08:50 WIB
Bus Hino S'Elega. - Hino

Bisnis.com, TOKYO - Hino Motors, Ltd. telah mengembangkan Emergency Driving Stop System (EDSS) yang berfungsi menghentikan kendaraan jika pengemudi dilumpuhkan oleh penyakit mendadak atau penyebab lainnya.

Sistem ini dijadwalkan akan diperkenalkan sebagai perlengkapan standar pada bus Hino S’ELEGA di musim panas ini sekaligus menjadi sistem pertama di dunia yang disematkan pada kendaraan komersial.

"Di Hino, kami terlibat dalam pengembangan teknologi keamanan berdasarkan tujuan kami untuk secara aktif berkontribusi pada konsep zero kecelakaan yang memakan korban. Dalam beberapa tahun terakhir, kami telah melihat sejumlah kecelakaan akibat kerusakan mendadak dalam kesehatan pengemudi, dan kami telah mengembangkan teknologi untuk menangani masalah ini," kata Presiden Presiden dan CEO Hino Yoshio Shimo.

Dalam kecelakaan yang diakibatkan oleh serangan mendadak dari pengemudi yang tiba-tiba atau kondisi lain yang melumpuhkan, kendaraan akan terus melakukan perjalanan tak terkendali dan ini berpotensi menyebabkan kecelakaan sekunder seperti kendaraan membelok ke jalur yang berlawanan atau menabrak pagar.

Cara efektif untuk mengurangi risiko tersebut adalah dengan menghentikan kendaraan sesegera mungkin setelah timbulnya masalah.

Hino juga telah mendapatkan laporan dari pelanggan bahwa mereka menginginkan sistem yang akan menghentikan kendaraan selama keadaan darurat ini. Sebagai produsen kendaraan komersial, Hino berusaha untuk menyediakan secepat mungkin teknologi yang akan membantu mencegah kecelakaan seperti itu.

"Kami telah mengkomersilkan EDSS yang dirancang untuk menghentikan kendaraan ketika sakelar rem darurat ditekan. Kami akan meluncurkan sistem ini musim panas ini sebagai perlengkapan standar pada armada besar Hino S’ELEGA.

"Kami akan terus melakukan pengembangan fungsional yang sedang berlangsung dan terus bekerja untuk meningkatkan fungsi keselamatan."

Fungsi Utama

Sistem ini dirancang untuk menghentikan kendaraan ketika pengemudi tidak mampu karena sakit mendadak atau alasan lain. Ketika pengemudi atau anggota awak lainnya menekan tombol berhenti darurat yang terletak di kursi pengemudi, atau penumpang menekan tombol yang terletak di atas kursi penumpang, kendaraan mulai mengerem secara bertahap hingga berhenti.

Selama proses ini, bunyi buzz darurat dan lampu yang terpasang di saklar flash, dan flash merah berkedip untuk mengingatkan penumpang di dalam kendaraan darurat. Sistem ini juga membunyikan klakson kendaraan dan menyalakan lampu rem dan lampu rawan untuk memperingatkan pengguna jalan lainnya tentang masalah tersebut.

Skema Fungsi Sistem

Tag : PT Hino Motors Sales Indonesia, Bus Pariwisata
Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top