Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hentikan Sementara Produksi Himax, Daihatsu Pacu All New Terios

PT Astra Daihatsu Motor menghentikan sementara produksi kendaraan Himax selama satu tahun guna memenuhi permintaan masyarakat akan kendaraan bermotor mobil All New Terios.
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 05 Juni 2018  |  23:50 WIB
Daihatsu Himax Sahabat Usaha.  - Daihatsu
Daihatsu Himax Sahabat Usaha. - Daihatsu

Bisnis.com, TANGERANG—PT Astra Daihatsu Motor menghentikan sementara produksi kendaraan Himax selama satu tahun guna memenuhi permintaan masyarakat akan kendaraan bermotor mobil All New Terios.

Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra, mengatakan, pengalihan line produksi Himax untuk Terios – termasuk Rush – dapat membuat jumlah produksi low sport utility vehicle (LSUV) tersebut meningkat menjadi 13.000 unit pada Juli 2018.

Pada awalnya, produksi LSUV Terios dalam satu bulan berada pada kisaran 7.000 unit, kemudian meningkat menjadi 8.000 unit, 9.000 unit, dan akan menjadi 13.000 unit dengan strategi pengalihan line produksi tersebut.

“Kami mau switch saja, Himax ditutup dulu, dipakai dulu line-nya untuk Terios [termasuk Rush],” kata Amelia di sela-sela Pembukaan Klub Badminton Daihatsu Candra Wijaya di Tangerang, Senin (4/6/2018) malam.

Dia menjelaskan, pihaknya memilih menutup sementara line produksi Himax selama satu tahun lantaran penjualan kendaraan bermotor mobil tersebut kecil dalam satu bulan, yakni berkisar antara 20-30 unit. Meskipun begitu, lanjutnya, perusahaan telah memroduksi kendaraan bermotor mobil Himax untuk satu tahun, yakni sekitar 200 unit.

Pengalihan sementara line produksi Himax untuk Terios akan dievaluasi setelah satu tahun dengan melihat permintaan masyarakat akan kendaraan LSUV tersebut.

Saat ini, dia menuturkan, inden kendaraan LSUV Terios berada pada ksiaran 2—3 bulan. Oleh karena itu, lanjutnya, perusahaan mencoba memenuhi inden masyarakat akan kendaraan bermotor mobil LSUV itu.

ADM mencatat, penjualan ritel kendaraan bermotor mobil LSUV Terios pada Mei 2018 mencapai 2.618 unit atau 14,49% dari total penjualan ritel pada bulan lalu, yakni 18.061 unit. Sementara itu, penjualan ritel Himax hanya sebanyak 22 unit.

SIGRA MENDOMINASI

Di antara produk-produk Daihatsu, penjualan kendaraan bermotor mobil Sigra masih menjadi yang terbesar pada bulan lalu. Dalam catatan ADM, penjualan ritel Sigra mencapai 4.622 unit atau sekitar 25,59% dari total penjualan ritel pada Mei 2018.

Amelia mengungkapkan, Sigra masih mendominasi penjualan ritel pada bulan lalu lantaran – salah satunya – masyarakat Indonesia senang dengan kendaraan bermotor mobil yang memiliki tempat duduk untuk tujuh orang.

Menurutnya, para pembeli kendaraan bermotor mobil pertama atau first buyer juga lebih memilih kendaraan dengan tempat duduk yang cukup untuk tujuh orang.   Sementara itu, penjualan ritel kendaraan bermotor mobil Ayla pada Mei 2018 sebanyak 2.262 unit.

“Turun atau naik sebuah produk ada banyak [Penyebab], apakah itu strategi di lapangan lebih agresif, motifiasi internal lebih kencang,” katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

PT Astra Daihatsu Motor All New Toyota Rush Daihatsu Himax
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top