Suzuki Bantah All New Ertiga Ikuti Desain MPV Merek Lain. Ini Penjelasannya

PT SIS membantah desain mobil LMPV terbarunya, The All New Ertiga, mengikuti desain mobil MPV pesaing terdekatnya yang saat ini penjualannya melejit.
Yusran Yunus | 26 April 2018 21:28 WIB
Head of 4W Brand Development & Marketing Research PT SIS Harold Donnel (kedua dari kanan) bersama Head of Development & Accessories PT SIS Yulius Purwanto (tengah) dan Head of Development & Accessories PT SIS Yulius Purwanto (kedua dari kiri), seusai sesi diskusi bertemakan "Bedah Fitur All New Ertiga" di IIMS 2018 JIEXPO Kemayoran, Kamis (26/4/2018) - Bisnis.com/Yusran Yunus

Bisnis.com, JAKARTA - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), agen pemegang merek kendaraan Suzuki di Indonesia, membantah desain mobil Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) terbarunya, The All New Ertiga, yang memulai debut awalnya di dunia pada pembukaan pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, Kamis pekan lalu (19/4/2018), mengikuti desain mobil MPV pesaing terdekatnya yang saat ini penjualannya melejit.

Seperti diketahui, mobil Mitsubishi Xpander saat ini menjadi mobil di segmen MPV yang penjualannya terus menanjak, sejak diluncurkan pertama kali di pameran otomotif
Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) tahun 017 di Indonesia Convention Exebition (ICE) BSD Serpong, Tangerang, Banten.

"Desain All New Ertiga sudah dimulai sejak tahun 2012, jika ternyata ada kemiripan dengan lainnya, mungkin itu sebagai sebuah kebetulan saja. Mobil baru ini hadir dengan konsep progresif, premium dan family, yang kehadirannya untuk merespons para pecinta mobil MPV di Tanah Air," kata Head of 4W Brand Development & Marketing Research PT SIS, Harold Donnel, pada sesi diskusi "Bedah Fitur All New Ertiga" di IIMS 2018, JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (26/4/2018).

Generasi terbaru Ertiga menghadirkan spesifikasi tampilan elegan dengan dimensi lebih besar dan panjang. Panjang Ertiga terbaru bertambah 130 mm, sedangkan bodinya juga melebar 40 mm. Dengan ubahan ini, penumpang kursi baris ketiga akan memiliki ruang kaki lapang.

Ertiga generasi sebelumnya sepanjang 2017 membukukan penjualan pabrik ke diler sebanyak 35.338 unit. Mobil ini menguasai 11,71% segmen LMPV.

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) optimistis penyegaran Ertiga akan memberikan stimulus positif terhadap perusahaan. Perusahaan membidik kenaikan penjualan Ertiga sebanyak 60%.

Interior yang baru diklaim memberikan desain dan tekstur berkelas untuk tingkat kenyamanan, kualitas dan kemewahan lebih tinggi dibandingkan MPV sehari-hari.

Dengan platform HEARTEC generasi terbaru dan bodi lebih panjang 130 mm, interior yang penuh gaya dan cerdas menawarkan ruang kaki, ruang kepala dan ruang bagasi lebih luas.

All New Ertiga dibekali mesin baru dengan kapasitas lebih besar 1.5L, menawarkan tenaga dan torsi lebih besar bersama dengan efisiensi bahan bakar terbaik di kelasnya.

Mobil baru ini disempurnakan dengan mesin baru berkode K158, memberikan lebih banyak tenaga menjadi 104,7 PS di 6.000 rpm dan torsi sebanyak 138Nm di 4.400 rpm.

Head of 4W Service PT.Suzuki Indomobil Sales (SIS), Totok Yulianto menjelaskan berkat modal mesin baru ini, performa mobil lebih bertenaga saat berjalan di berbagai medan dan lebih irit bahan bakar minyak (BBM).

Dari sisi emisi, mobil ini memiliki Multi Point Injection yang telah memenuhi standarisasi Euro 4.

"Sesuai hasil uji coba BT2MP, hasil konsumsi BBM mobil ini sebesar Rp16,73 km per liter untuk transmisi matik dan 18,09 km per liter untuk transmisi manual," katanya.

Model ini tersedia dalam empat tipe yaitu GA (manual), GL (manual dan matik), GX (manual dan matik), GX ESP (manual dan matik). Untuk pilihan warna, tersedia 7 pilihan yaitu magma grey metallic (baru), glorious brown pearl metallic (baru), snow white pearl (ZQZ), silky silver metallic (Z2S), radiant red pearl (ZKB), burgundy red pearl (ZLL), cool black pearl metallic (ZBD).

Menurut rencana, Suzuki akan merilis harga banderol mobil baru ini pada awal Mei mendatang. Pihak konsumen sudah bisa melakukan pemesanan dengan biaya pemesanan sebesar Rp5 juta.

"Kalau sudah memesan saat ini [IIMS 2018], mobilnya sudah bisa diantarkan ke konsumen sekitar pertengahan Mei," kata Harold.

Tag : suzuki, All New Suzuki Ertiga
Editor : M. Syahran W. Lubis
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top