Jokowi Resmikan Ekspor Perdana Mobil Mitshubishi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara ekspor perdana mobil tipe Xpander yang diproduksi oleh Mitsubishi Motors di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (25/4/2018).
Yodie Hardiyan | 25 April 2018 12:41 WIB
Presiden Joko Widodo, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Chief Executive Mitsubishi Motors Osamu Masuko, dan Presiden Direktur MMKI Takao Kato melepas pengapalan perdana Xpander di Indonesia Kendaraan Terminal, kompleks pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (25/4/2018). - Bisnis.com - Muhammad Khadafi

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara ekspor perdana mobil tipe Xpander yang diproduksi oleh Mitsubishi Motors di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (25/4/2018).

Jokowi mengatakan ekspor mobil tipe Xpander ini perlu dihargai dan diapresiasi.

"Pangsa pasarnya bukan hanya Asia Tenggara, tapi juga pasar Amerika Selatan dan Afrika. Mobil ini diproduksi dan dirakit oleh tenaga kerja di Indonesia," kata Presiden ketika menyampaikan pidatonya.

Jokowi mengatakan berdasarkan informasi yang didengarnya dari Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, pabrik mobil Mitsubishi ini memperkerjakan 3.000 tenaga kerja dan akan bertambah menjadi 4.000 tenaga kerja. Mayoritas tenaga kerja itu, sambung Jokowi, merupakan tenaga kerja lokal.

"Kemudian ini juga melibatkan 120 industri komponen dalam negeri. Jadi nilai tambah dan rantai nilainya menjadi luas sekali bagi negara kita Indonesia," katanya.

Seperti diketahui, Mitsubishi Motor berharap dapat mengekspor sekitar 30.000 unit MPV baru mobil tipe Xpander ini dalam tahun pertama. Keputusan ekspor ini merupakan tindak lanjut atas pembukaan fasilitas perakitan Mitsubishi Motors di Bekasi pada 2017.

Mobil ini rencananya akan diekspor ke sejumlah negara Asia Tenggara seperti Tailand, Vietnam serta negara lain seperti Sri Lanka hingga Bolivia.

Tag : jokowi, Mitsubishi xPander
Editor : Nancy Junita
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top