Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Toyota C-HR Jadi Lawan Baru HR-V 1.8

PT Toyota Astra Motor (TAM) akan meluncurkan sport utility vehicle (SUV) anyar besok, Rabu (10/4/2018). Perusahaan memberi label All New C-HR sebagai mobil yang melawan stereotipe. Spesifikasi dan harga untuk pasar otomotif Indonesia masih menjadi perbincangan.
Toyota H-RV. /Toyota
Toyota H-RV. /Toyota

Bisnis.com, JAKARTA – PT Toyota Astra Motor (TAM) akan meluncurkan sport utility vehicle (SUV) anyar besok, Selasa (10/4/2018). Perusahaan memberi label All New C-HR sebagai mobil yang melawan stereotipe. Spesifikasi dan harga untuk pasar otomotif Indonesia masih menjadi perbincangan.

Sebagai SUV crossover, C-HR akan bersaing dengan beberapa pemain lama di Indonesia. Saat ini ada beberapa model yang berebut kue pasar di kelas ini, termasuk Toyota dengan varian Rush.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), segmen SUV kecil tergerus 7,96% sepanjang dua bulan pertama 2018 dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Penyegaran Rush dan Terios memang memberi angin segar, tetapi Honda tampak tengah menurunkan pasokan BR-V dan HR-V secara signifikan.

Mengingat desain futuristiknya, kehadiran C-HR rasanya akan menyuntikkan stimulus positif ke ceruk SUV di Indonesia. Namun, tampaknya perusahaan tidak mengincar volume besar pada tahap awal. Pasalnya TAM akan mengimpor secara utuh atau completely built up (CBU) mobil tersebut, tidak seperti model lain dengan angka penjualan tinggi yang sudah dirakit lokal.

Toyota C-HR Jadi Lawan Baru HR-V 1.8

Di Thailand dan Malaysia, negara tetangga terdekat, CH-R menggunakan spesifikasi mesin bensin 1.8 L dan 1.8 L hibrida. Jika demikian C-HR bisa dipastikan akan beradu kekuatan dengan HR-V yang juga memiliki varian mesin 1.8 L yang selama ini bisa dikatakan tidak punya lawan.

Dengan demikian CH-R tidak akan mengincar pasar gemuk Tanah Air. Tidak seperti SUV crossover bermesin 1.5L yang masih bisa mengincar konsumen dengan daya beli Rp200 juta hingga Rp300 juta.

Sebagai gambaran, PT Honda Prospect Motor melepas HR-V 1.8 L dengan kisaran harga Rp380 juta hingga Rp400 juta. Kemungkinan besar, C-HR akan dibanderol dengan harga lebih tinggi dari itu karena statusnya sebagai mobil CBU.

Adapun C-HR di Thailand dan Malaysia dibekali dengan beberapa fitur keselamatan, seperti 7 kantung udara, ABS+EBD+BA, vehicle stability control, traction control, dan hill start assist . Selain itu juga ada rear cross traffic alert, blind sport monitoring, brake hold, electric parking brake, cruise control dan headunit 7 inci.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper