Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Gaikindo Pelajari Usulan Pameran GIICOMVEC Digelar Setiap Tahun

Atas pencapaian positif tersebut, para peserta pameran mengusulkan kepada pihak Seven Event selaku penyelenggara untuk menggelar kegiatan pameran ini sekali dalam setahun secara rutin dengan alasan pameran terbukti berkolerasi positif terhadap penjualan dan penetrasi brand para peserta.
Yusran Yunus
Yusran Yunus - Bisnis.com 06 Maret 2018  |  19:27 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Pameran khusus kendaraan komersial yang pertama di Indonesia dengan konsep business to business (B to B), GAIKINDO IndonesiaInternational Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2018 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Selatan, berakhir dengan pencapaian positif yang memuaskan bagi penyelenggara, peserta maupun pengunjung.

Selama 4 hari pelaksanaan dari 1 hingga 4 Maret, GIICOMVEC 2018 berhasil menyedot sebanyak 10.670 pengunjung yang sebagian besar diantaranya adalah pembeli potensial yang melakukan deal dengan peserta pameran.

Di hari ke-3 pameran, PT.Mobil Anak Nasional (MAB), produsen bus listrik, berhasil mendapatkan komitmen pembelian 200 unit bus listrik senilai Rp700 miliar. Sejumlah peserta pameran tercatat mengoleksi pembelian dari para potensial buyer yang ditaksir sebanyak 50% dari total pengunjung.

Atas pencapaian positif tersebut, para peserta pameran mengusulkan kepada pihak Seven Event selaku penyelenggara untuk menggelar kegiatan pameran ini sekali dalam setahun secara rutin dengan alasan pameran terbukti berkolerasi positif terhadap penjualan dan penetrasi brand para peserta.

Pihak Seven menerima beberapa masukan dari para peserta diantaranya dari pihak Pertamina Lubricants, produsen ban Dunlop. "Pameran ini sangat cocok bagi portofolio bisnis kami karena sasarannya lebih tersegmented untuk industri dengan mayoritas segmen flip yang merupakan salah satu pasar besar kami. Jadi sebaiknya kegiatan ini rutin digelar, kami akan ikut ambil bagian di dalamnya,"  kata Sales Area Manager Industri Jawa Tengah & DIY Pertamina Lubricants, Budi Kurniawan.

Bagi Dunlop, pengalaman mengikuti pameran GIICOMVEC adalah sangat mengesankan dan memberikan surprise. "Pada awalnya kami tidak memiliki ekspektasi karena ini adalah penyelenggaraan perdana. Tetapi ternyata respons pengunjung sangat bagus, yang datang ke booth kami pun banyak. Untuk ke depannya, kami usulkan agar
peserta bus dan truk bisa lebih banyak lagi," kata Advertising & Promotion Manager Dunlop, Hartono.

Presiden Direktur Seven Event, Romi mengapresiasi masukan dari para peserta maupun pengunjung yang meminta pihaknya untuk mengusulkan kepada pihak Gaikindo agar GIICOMVEC digelar secara rutin setiap tahunnya.

"Kami tentu sangat senang melihat tingginya animo masyarakat datang ke GIICOMVEC dan apa yang kita saksikan bersama selama 4 hari pameran, semuanya terjadi di luar ekspektasi dan bahkan melampaui ekspektasi Gaikindo. Untuk usulan agar digelar rutin setiap tahunnya, kami akan teruskan ke Gaikindo saat kami memberikan laporan evaluasi penyelenggaraan dalam waktu dekat ini," kata Romi kepada Bisnis, Selasa (6/3/2018).

Peluang Besar

Romi mengungkapkan awalnya pameran ini memang direncanakan digelar sekali dalam 2 tahun, namun karena tingginya animo dari peserta maupun pengunjung selama GIICOMVEC 2018 digelar, peluang akan digelar sekali dalam setahun sangat besar. "Ya kita tunggu saja keputusan dari Gaikindo".

Sekretaris Umum Gaikindo, Kukuh Kumara mengaku sudah menerima informasi dari pihak penyelenggara terkait usulan agar GIICOMVEC digelar sekali setahun.

"Kami sudah melihat langsung tingginya animo peserta dan pengunjung pameran selama 4 hari dan itu sangat membanggakan Gaikindo. Kami akan evaluasi dulu, dari hasil evaluasi nanti akan kami tentukan bagaimana langkah-langkah selanjutnya," ujarnya kepada Bisnis, Selasa.

GIICOMVEC 2018 diikuti oleh 14 APM kendaraan komersial, 5 perusahaan karoseri, serta industri pendukungnya seperti ban, spare part, dan oli, serta mendapat dukungan positif dari Asosiasi Karoseri Indonesia  (Askarindo), Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo), Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI) dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Giicomvec 2018
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top