Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Soal Laporan Data ke Gaikindo, BMW Adaptasi Regulasi Lokal

Satu merek Jerman yang berbisnis di Indonesia, BMW, tidak melihat ada masalah dalam pelaporan dan publikasi data oleh Gabungan Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). BMW Group Indonesia yang menjadi kepanjangan tangan mengatakan bahwa perusahaan akan selalu mengadaptasi regulasi lokal.
President Director BMW Group Indonesia Karen Lim
President Director BMW Group Indonesia Karen Lim

Bisnis.com, JAKARTA – Satu merek Jerman yang berbisnis di Indonesia, BMW, tidak melihat ada masalah dalam pelaporan dan publikasi data oleh Gabungan Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). BMW Group Indonesia yang menjadi kepanjangan tangan mengatakan bahwa perusahaan akan selalu mengadaptasi regulasi lokal.

“Kami ikuti aturan yang ada. Itu komitmen kami melakukan bisnis di sini,” kata Presiden Direktur BMW Group Indonesia Karen Lim di Jakarta, Kamis (22/2/2018).

Lim menambahkan menjadi anggota Gaikindo sejauh ini menjadi nilai tambah bagi perusahaan. Asosiasi tersebut adalah tempat bertukar informasi. “Terutama merek premium yang masih berkembang. Ini merupakan manfaat besar,” katanya.

Seperti diketahui, Gaikindo mencabut status keanggotaan satu pabrikan mobil asal Jerman lain, Mercedes-Benz pekan lalu. Hal ini disebabkan oleh sikap perusahaan yang enggan menyerahkan data penjualan untuk dipublikasikan, karena khawatir disangkutkan dengan pasal kartel.

“Sampai 15 Februari data belum juga disampaikan. Gaikindo sudah menunggu selama 9 bulan dan harus berlaku adil terhadap semua anggotanya,” kata Ketua I Gaikindo Jongkie D. Sugiarto.

Pihak Gaikindo mengklaim berhak mendapatkan data penjualan berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 79 Tahun 2013. Gaikindo pun berkewajiban melaporkan hasil penjualan wholesales anggotanya kepada Kementerian Keuangan terkait pajak, dan Kementerian Perindustrian untuk volume penjualan.

Sementara itu PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia akan tetap memberikan laporan terkait data seperti produksi, penjualan pabrik ke diler, dan ritel ke Pemerintah Indonesia.

Deputy Director Sales Operations & Product Management PT Mercedez-Benz Distribution Indonesia  (MBDI) Kariyanto Hardjosoemarto mengatakan perusahaan akan tetap patuh pada pemerintah. "Kami tetap patuh pada pemerintah. Jadi, submission data ke pemerintah tetap kami jalankan," ungkapnya kepada Bisnis, Sabtu (17/2/2018).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper