Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

J.D. Power: Masalah Pada Mobil Entry Level Meningkat Paling Banyak

Berdasarkan riset J.D. Power permasalahan kualitas awal dua mobil harga terjangkau pada dua segmen, sport utlity vehicle (SUV) dan mobil serbaguna (MPV) meningkat paling banyak dari tahun ke tahun.
New Ertiga Dreza./suzukibandung.co.id
New Ertiga Dreza./suzukibandung.co.id

Bisnis.com, JAKARTA – Berdasarkan riset J.D. Power permasalahan kualitas awal mobil harga terjangkau pada dua segmen, sport utlity vehicle (SUV) dan mobil serbaguna (MPV), meningkat paling banyak dari tahun ke tahun. Pada tahun lalu entry level kedua segmen itu mendapat penambahan skor 42 PP100 untuk SUV dan 39 PP100 untuk MPV.

PP100 adalah tolak ukur kualitas awal dari jumlah rata-rata permasalahan yang dialami per 100 kendaraan. Angka yang semakin kecil menggambarkan kualitas yang lebih tinggi.

Mengutip hasil riset J.D. Power, Honda HR-V mendapatkan keluhan paling sedikit dari konsumen di kelasnya dengan skor 77 PP100. Sementara itu, Suzuki Ertiga memperoleh hal serupa di segmennya (71 PP100).

Dalam riset tersebut juga disebutkan bahwa belum ada upaya serius dari pabrikan untuk meningkatkan kualitas fitur-fitur yang menjadi konsentrasi konsumen di Indonesia. Di antara 10 masalah teratas yang dimiliki pemilik kendaraan selama 2017, 7 di antaranya merupakan masalah yang selalu dilaporkan selama 3 tahun terakhir.

Sebanyak 44% dari masalah tersebut berkaitan dengan cacat atau kerusakan.

 “Sama seperti beberapa tahun terakhir, terdapat peningkatan dalam penggunaan kendaraan baru terutama mengingat kondisi berkendara di Indonesia, dan ini menyebabkan pemilik kendaraan banyak yang menghabiskan waktu mereka di kendaraannya,” kata Kaustav Roy, Direktur J.D. Power Singapura, dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Rabu (31/1/2018).

Studi mengenai kualitas awal di Indonesia atau Indonesia Initial Quality Study (IQS) 2017 didasarkan pada evaluasi dari 2.664 pemilik kendaraan yang membeli kendaraan baru antara bulan September 2016 dan Agustus 2017. Studi ini mencakup sembilan merek dan 51 model mobil penumpang dan kendaraan utilitas.

Studi ini mengukur masalah yang dialami oleh pemilik kendaraan baru dalam jangka waktu 2-6 bulan pertama kepemilikan dan memeriksa lebih dari 200 buah masalah dalam delapan kategori kendaraan, seperti mesin dan transmisi, pengalaman berkendara, interior dan eksterior kendaraan, fitur, kontrol dan tampilan, ventilasi dan pendingin, audio, hiburan atau navigasi, serta tempat duduk. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Editor : Annisa Margrit

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper