Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Aliansi Nissan-Renault-Mitsubishi Incar Pasar Robo-Taxi

Nissan Motor Co, Renault SA, dan Mitsubishi Motors Corp siap merambah pasar taksi tanpa pengemudi atau disebut Robo-Taxi. Aliansi pabrikan otomotif Prancis dan Jepang ini akan mengungkapkan rencana tersebut pada beberapa bulan mendatang.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 07 Januari 2018  |  16:28 WIB
Ilustrasi-Pekerja sedang melakukan pemeriksaan pada pabrik assembling Renault di Wuhan, Hubei, China. - Reuters
Ilustrasi-Pekerja sedang melakukan pemeriksaan pada pabrik assembling Renault di Wuhan, Hubei, China. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Nissan Motor Co, Renault SA,  dan Mitsubishi Motors Corp siap merambah pasar taksi tanpa pengemudi atau disebut Robo-Taxi. Aliansi pabrikan otomotif Prancis dan Jepang ini akan mengungkapkan rencana tersebut pada beberapa bulan mendatang.

Mengutip Bloomberg, Minggu (7/1/2017), Ogi Redzic, seorang wakil presiden senior yang mengembangkan layanan konektivitas untuk Robo-Taxi mengatakan ketiga produsen sudah melakukan uji coba. “Kami lihat kerja sama ini bisa terjadi,” katanya.

Sejauh ini, Renault yang sudah mengumumkan rencana untuk mengembangkan 15 model dengan fitur otomatisasi pada 2022. Namun, rencana aliansi akan mendapat tantangan dari kompetitor. General Motors, pembuat mobil asal Amerika Serikat berambisi menjadi produsen pertama yang menghasilkan mobil swakemudi. Perusahaan patungan dengan Maven akan menjadi strategi untuk menembus pasar Eropa.

Adapun Aliansi Nissan-Renault-Mitsubishi sudah mencapai beberapa kesepatakan untuk berbagi beban investasi bersama. Secara grup, aliansi sudah menghabiskan total US$8,3 miliar untuk penelitian dan pengembangan pada 2017.

Nissan dalam hal itu melakukan kerja sama dengan DeNa Co untuk membuat mobil swakemudi yang akan diuji di Jepang tahun depan. Sementara Renault telah menjalin hubungan dengan penyedia jasa transportasi Prancis, Transdev untuk mengembangkan hal serupa.

Aliansi juga sudah menandatangai kesepakatan dengan Microsoft Corp pada tahun lalu. Kerja sama ini dilakukan untuk mengembangkan teknologi komputasi awan untuk mendukung mobil swakemudi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mitsubishi renault nissan motor
Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top