Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Goodyear Aplikasikan Tenologi Ramah Lingkungan

Goodyear mengaplikasikan teknologi ramah lingkungan dengan menggunakan minyak kedelai dalam campuran kompon. Hal ini mengikuti tren global yang mendorong penggunaan bahan baku alternatif untuk mengurangi efek emisi gas karbon.
Pabrik ban Goodyears. /Bisnis.com
Pabrik ban Goodyears. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – Goodyear mengaplikasikan teknologi ramah lingkungan dengan menggunakan minyak kedelai dalam campuran kompon. Hal ini mengikuti tren global yang mendorong penggunaan bahan baku alternatif untuk mengurangi efek emisi gas karbon.

Peneliti dari The Goodyear Tire & Rubber Company (Goodyear) berkolaborasi dengan United Soybean Board (USB) Amerika Serikat, memperkenalkan inovasi terbaru dalam mengolah senyawa karet berbasis kedelai yang dapat menjaga kelenturan karet ban pada suhu rendah. Pada pengujian yang dilakukan di lapangan uji Goodyear di San Angelo, Texas, AS menunjukkan adanya peningkatan kemampuan ban.

Peneliti mengungkapkan bahwa senyawa karet dari minyak kedelai lebih mudah bercampur dengan silika, sehingga memberikan kemampuan cengkraman yang lebih baik dalam kondisi basah maupun kering. Penggunaan minyak kedelai didasarkan pada peningkatan efisiensi pabrik manufaktur, karena bahan tersebut mudah didapatkan secara alami, hemat biaya, dapat mengurangi konsumsi energi dan yang terutama adalah karena merupakan sumber energi yang dapat diperbaharui.

 “Sejarah panjang inovasi Goodyear terus membuat kami berkomitmen untuk mengaplikasikan solusi teknologi terbaru dan mengembangkan performa ban terbaik agar dapat memenuhi kebutuhan konsumen,” kata Eric Mizner, Director of Global Material Science Goodyear Tire & Rubber Company dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis.

Dalam memproduksi ban, minyak berperan membantu pencampuran polimer kompleks, melindungi peralatan pencampur dari kerusakan dan memperbaiki karakteristik kinerja ban. Pendeknya, minyak sangat di butuhkan. Sementara itu, alternatif pemakaian minyak kedelai, mengurangi penggunaan minyak bumi hingga 7 juta galon setiap tahun.

“Kami berkomitmen untuk peduli terhadap lingkungan dan masyarakat, salah satu cara mencapai tujuan ini adalah dengan penggunaan minyak kedelai. Hal tersebut dapat meningkatkan penghematan energi karena masa pakai telapak ban lebih lama, sehingga kita semua memberikan dampak positif terhadap lingkungan,” ditambahkan oleh Eric.

Komersialisasi minyak kedelai pada ban sebagai terobosan teknologi terbaru oleh Goodyear didasarkan pada inovasi baru lainnya, seperti penggunaan silika yang berasal dari abu sekam padi. Semua ini semakin menegaskan komitmen Goodyear dalam mengurangi konsumsi minyak bumi dan menjaga kelestarian lingkungan.

"Untuk Goodyear hal semacam ini sudah jamak, bahkan dalam level negara,  Goodyear Indonesia telah mendedikasikan sekurangnya satu hektar lahannya untuk penghijauan kota dan menuju arah menjadi wilayah hutan arboretum untuk Bogor kota," Wicaksono Soebroto, Head of Communications PT Goodyear Indonesia, Tbk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper