Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Civic Hatchback, "Peluru" Baru Honda Kuasai Pasar

PT Honda Prospect Motor kembali ingin menciptakan pasar baru melalui peluncuran Civic hatchback. Peluncuran model ini memang cukup mengejutkan mengingat Honda telah memiliki produk yang menguasai pasar di segmen ini, yakni Jazz.
Model berpose di dekat mobil Honda Civic Hatchback, di Jakarta, Jumat (9/6)./JIBI-Nurul Hidayat
Model berpose di dekat mobil Honda Civic Hatchback, di Jakarta, Jumat (9/6)./JIBI-Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - PT Honda Prospect Motor kembali ingin menciptakan pasar baru melalui peluncuran Civic hatchback. Peluncuran model ini memang cukup mengejutkan mengingat Honda telah memiliki produk yang menguasai pasar di segmen ini, yakni Jazz.

Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual PT Honda Prospect Motor Jonfis Fandy menjelaskan, perusahaan akan menyasar konsumen yang ingin meningkatkan kelas kendaraannya dari Jazz ke model lain.

Selain itu, menurutnya, pasar kendaraan dengan kisaran harga Rp400 juta cukup besar. Rata-rata penjualan per tahun kendaraan dengan kisaran harga Rp400 juta sekitar 300.000 unit. Inilah yang menjadi alasan perusahaan mendatangkan Civic hatchback ke pasar domestik.

"Masing-masing model memiliki market yang berbeda. Kami ingin menciptakan pasar baru dengan peluncuran produk ini, dan memang kami sudah melakukan survei market di segmen ini masih menjanjikan," katanya, akhir pekan lalu.

Civic hatchback masih didatangkan secara utuh atau completely built up (CBU) dari Thailand. Mobil ini dijual dengan harga Rp399 juta untuk varian S dan Rp438 juta untuk tipe E on the road Jabodetabek.

Dia menambahkan, selama ini konsumen Jazz yang ingin melakukan pembaruan terhadap kendaraannya selalu kebingungan karena Honda tidak memiliki produk di segmen hatchback yang lebih tinggi. Alhasil, konsumen selalu beralih ke sport utility vehicle (SUV).

Langkah Honda untuk memperbesar varian produk di segmen hatchback memang cukup berani. Pasalnya volume penjualan segmen ini terbilang jauh di bawah segmen lain seperti SUV, multipurpose vehicle (MPV), atau low cost green car (LCGC).

"Kami merasa perlu merasa terobosan. Kalau tidak ada terobosan maka selamanya hanya akan menjual MPV dan SUV. Kami merasa potensi pasar ada, market baru akan tercipta, maka kami kenalkan produk ini," jelasnya.

Mengacu pada kemunculan Jazz, Jonfis optimistis Civic hatchback akan mampu menguasai pasar. Dia menjelaskan, saat peluncuran awal Jazz beberapa tahun silam, Honda mendapat kritikan pedas karena kala itu mobil yang menguasai pasar adalah kendaraan murah dengan kapasitas tujuh penumpang, low MPV.

Namun seiring berjalannya waktu, Jazz mampu menciptakan pasar baru. Mobil ini bahkan masih menjadi penguasa pasar hatchback. Dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan Jazz pada Januari-April tahun ini sebanyak 6.195 unit.

Honda menguasai sekitar 50% pasar dari segmen sedan buntung ini yang selama periuode tersebut membukukan penjualan sebanyak 12.513 unit. Melihat rekam jejak itu, Jonfis optimistis Civic hatchback akan mampu mengulangi kesuksesan Jazz

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Tegar Arief

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper