Komponen Lokal Toyota Indonesia Sukses di Pasar Domestik & Global

Komponen (parts) lokal yang diproduksi oleh PT Toyota-Astra Motor (TAM) terbukti sukses menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan bahkan bisa meraih kepercayaan dari konsumen di pasar global.
Yusran Yunus | 30 April 2017 01:23 WIB
Deretan mobil produksi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang siap diekspor di IPC Car Terminal, PT Indonesia Kendaraan Terminal (IKT), Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta - JIBI/Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA - Komponen (parts) lokal yang diproduksi oleh PT Toyota-Astra Motor (TAM) terbukti sukses menjadi tuan rumah di negeri sendiri, bahkan bisa meraih kepercayaan dari konsumen di pasar global.

Jejak sukses tersebut berkat andil dari C&A Planning and Design Department yang berada di bawah Divisi Product Planning & Development. Departemen ini berhasil mengembangkan sejumlah kendaraan untuk show model seperti Agya Kojo, Yaris Heykers, Yaris Legian dan Veloz Tigre.

"Kami patut bersyukur karena sudah mendapat persetrujuan dari Toyota Motor Corporation (TMC) untuk menjadikan Yaris Heykers sebagai salah satu line-up di Indonesia dan diterima dengan baik oleh konsumen, terlihat dari kontribusinya sekitar 50% dari total penjualan Yaris," kata Executive General Manager PT.TAM, Fransiscus Soerjopranoto di sela-sela kegiatan pameran otomotif IIMS 2017 di Jakarta pada Sabtu (29/4/2017).

Soerjo menjelaskan sejak 2006 TAM mengembangkan parts lokal dengan desain pertama yakni front grille ornament untuk Toyota Vios. Sejak itu, C&A Planning and Design Department terus mengembangkan desain local parts untuk model Toyota yang dipasarkan di Tanah Air yakni Agya, Etios, Avanza, Rush, Sienta, Innova, dan Fortuner.

“Kami bersyukur prinsipal memercayakan Toyota Indonesia untuk mengembangkan produk dan desain parts lokal yang diimplementasikan dengan mendirikan departemen C&A Planning and Design pada 2006. Sampai saat ini sekitar 2.600 komponen lokal yang sudah berhasil didesain dan diproduksi untuk meningkatkan total ownership benefit bagi pelanggan Toyota,” kata Chief Designer TAM, Donny Adhi Yuwono.

Komponen tersebut antara lain digunakan pada line up Avanza Luxury, Yaris TRD Sportivo, Innova Luxury, NAV-1 V Grade, Rush TRD Sportivo, Sienta Q Grade, Agya TRD S, Yaris TRD Sportivo, Vios dan Etios TOM’S.

“Semua line up itu memberikan kontribusi signifikan kepada penjualan di masing-masing segmen. Bahkan, sejumlah komponen yang dikembangkan TAM telah berhasil diekspor ke beberapa negara melalui 4 produk Toyota yakni Innova, Fortuner, Yaris dan Agya.

“Ini menunjukan bahwa komponen lokal yang dikembangkan TAM telah diterima dunia dengan standar kualitas Toyota Global,” ujar Soerjo.

Tag : toyota, pt toyota astra motor
Editor : M. Syahran W. Lubis
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top