Pasar Eropa Melejit, Posisi Volkswagen dan PSA Tergeser

Pertumbuhan bulanan pasar otomotif Eropa naik ke level tertinggi bulan lalu. Fiat Chrysler dan Renault SA merupakan pabrikan yang mendapatkan keuntungan paling banyak dari pertumbuhan positif tersebut. Kedua merek ini menggeser pangsa pasar Volkswagen AG dan PSA Group.
Muhammad Khadafi | 19 April 2017 19:10 WIB
Fiat - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Pertumbuhan bulanan pasar otomotif Eropa naik ke level tertinggi bulan lalu. Fiat Chrysler dan Renault SA merupakan pabrikan yang mendapatkan keuntungan paling banyak dari pertumbuhan positif tersebut. Kedua merek ini menggeser pangsa pasar Volkswagen AG dan PSA Group.

Asosiasi mobil di Eropa (ACEA) mencatat kenaikan 11% atau mencapai 1,94 juta unit pada bulan Maret kemungkinan disebabkan oleh Paskah bulan ini. Menurut Jonathon Poskitt, analisis dari LMC Automotive di Inggris,  angka ini adalah pertumbuhan tertinggi sejak 2008.

“Hasil terakhir dari volume penjualan mobil mendukung berita positif dari perbaikan ekonomi secara keseluruhan,” kata Poskiit seperti dikutip dari situs berita Bloomberg, Rabu (19/4/2017).

Adapun Jerman, pasar otomotif terbesar di Eropa, mencatat kenaikan 11% pada bulan lalu. Sementara itu Prancis naik 7%, dan pengirian mobil ke Italia melonjak 18%.

Volkswagen AG gagal mengikuti tren positif pasar di Eropa. Pangsa pasar perusahaan turun 1 basis poin, dari 22,4% pada tahun lalu menjadi 21,4%. Masalah skandal kecurangan emisi diesel masih menjadi penyebab melabatnya pertumbuhan penjualan.

Sebaliknya, Fiat Chrysler memantapkan posisinya di kelas SUV (sport utility vehicle), dengan berhasil menaikan pangsa pasar dari 6,3% menjadi 6,8%.

Pangsa pasar Renault, dengan bantuan model SUV Captur dan minivan Sceniv naik dari 9,2% menjadi 9,5%

Sumber : Bloomberg

Tag : volkswagen, psa, pasar otomotif dunia
Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top