Pembatasan Usia Kendaraan Tak Matikan Industri

Wacana pembatasan usia kendaraan bermotor yang kembali mengemuka diyakini tidak akan mematikan produktivitas industri.nn
Tegar Arief | 30 Maret 2017 21:21 WIB
Ilustrasi - ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA - Wacana pembatasan usia kendaraan bermotor yang kembali mengemuka diyakini tidak akan mematikan produktivitas industri.

Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) justru beranggapan penerapan batas usia itu justru akan semakin meningkatkan pasar sepeda motor di dalam negeri.

"Pembatasan usia bukan hambatan, justru menjadi peluang," kata Wakil Ketua AISI Bidang Industri dan Teknologi Hari Budianto di Jakarta, Kamis (30/3/2017).

Pembatasan usia kendaraan memang telah dipraktikkan oleh banyak negara. Selain menekan polusi udara, kebijakan ini juga akan mengendalikan peredaran kendaraan, sehingga menurunkan kepadatan lalu lintas.

Singapura menjadi salah satu negara di kawasan Asia Tenggara yang telah menerapkan pembatasan usia ini. Tidak hanya untuk roda empat dan lebih, peredaran sepeda motor di negara tersebut juga dibatasi.

Hari menambahkan, pembatasan ini akan memudahkan pengendalian populasi sepeda motor. Dari data yang dirilis AISI, saat ini, rasio kepemilikan sepeda motor adalah 2,5:1.

"Artinya, setiap 2,5 masyarakat Indonesia memiliki satu unit sepeda motor."

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kendaraan, aisi

Editor : Martin Sihombing
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top