Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IOI Gelar Ekspo Industri Kreatif Mobil & Motor Seni di Bali

Institute Otomotif Indonesia (IOI) akan menyelenggarakan Expo Industri Kreatif Mobil dan Motor di Denpasar, Bali pada 7-17 Maret.

Bisnis.com, JAKARTA - Institute Otomotif Indonesia (IOI) akan menyelenggarakan Expo Industri Kreatif Mobil dan Motor di Denpasar, Bali pada 7-17 Maret.

Acara ini digelar untuk mengakomodasi kreativitas pelaku industri, komunitas dan masyarakat termasuk perguruan tinggi agar lebih dikenal sehingga memberikan nilai ekonomi yang lebih tinggi.

"Melalui ekspo ini, para pelaku industri kreatif mobil dan motor, terutama yang bergerak di bidang komponen dan industri kreatif seperti aksesoris mobil dan motor modifikasi bisa menampilkan karya-karya unggulan mereka, termasuk para komunitas pencinta otomotif," kata Presiden IOI  I Made Dana Tangkas dalam keterangan tertulis yang diterima, Selasa (7/3/2017).

Expo didukung sejumlah pelaku industri otomotif nasional seperti Toyota Indonesia dan diikuti berbagai anggota asosiasi di bidang otomotif seperti PIKKO (Perkumpulan Industri Kecil Komponen Otomotif), GIAMM (Gabungan Industri Alat-alat Mobil dan Motor), IMDIA (Indonesia Mold & Dies Industry Association (IMDIA), GATOMI (Gabungan After Market Otomotif), Gabungan Modifikasi Mobil dan Motor dan sejumlah komunitas otomotif, termasuk dari Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Para pengunjung nantinya dapat melihat berbagai kreativitas di bidang modifikasi mobil dan motor serta komponen otomotif, termasuk yang bisa digunakan untuk asesoris. "Kami juga menyediakan bengkel bagi pengunjung yang ingin mengganti asoseri kendaraan mereka," imbuhnya.

Menurutnya, potensi pelaku industri kreatif di bidang otomotif di Indonesia cukup besar. Ini terlihat dari berbagai kemajuan di bidang modifikasi dan asesoris, di mana sebagian besar pelakunya adalah industri kecil menengah (IKM) yang berpeluang untuk menjadi pemasok komponen, maupun kelengkapan mobil/motor lainnya.

"Salah satu program pemerintah saat ini adalah meningkatkan akses dan mendorong pertumbuhan IKM untuk mengisi potensi pasar yang terus berkembang. Ke depan, industri otomotif harus lebih memasyarakat dengan meningkatkan jumlah dan kualitas IKM," ujarnya.

Selain menampilkan berbagai produk kreatif, pada pameran  ini juga akan diselenggarakan seminar, focus discussion group (FDG), sertifikasi dan business matching,  serta lomba disain kendaraan pedesaan. Melalui seminar dan FDG diharapkan bisa dirumuskan berbagai masalah dan solusi dalam mengembangkan IKM otomotif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Tegar Arief
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper