Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

General Motors Akan Lepas Opel ke PSA Group

General Motors Co dan PSA Group tengah melakukan pembicaraan mengenai kemungkinan pembelian operasi bisnis GM di Eropa oleh PSA.nn

Bisnis.com, LONDON - General Motors Co dan PSA Group tengah melakukan pembicaraan mengenai kemungkinan pembelian operasi bisnis GM di Eropa oleh PSA.

PSA, yang merupakan pemiliki Peugeot, Citroen, dan DS akan memperoleh merek Opel dan Vauxhall dari GM. Kedua merek itu telah berkontribusi sebesar 16,3% terhadap total pasar di Eropa.

Dikutip dari Reuters, Rabu (15/2/2017), Pemerintah Prancis yang juga memiliki 14% saham di PSA disebut akan mendukung kesepakatan antara kedua perusahaan itu untuk membantu PSA bangkit dalam persaingan.

Sementara itu, pihak serikat pekerja Opel dan Menteri Perekonomian Jerman Brigitte Zypries menilai seharusnya GM berdiskusi dengan perwakilan perusahaan serta Pemerintah Jerman sebelum melepas kepemilikannya di Opel.

Sampai saat ini, belum diketahui harga yang dipatok oleh GM terhadap penjualan tersebut, termasuk kesepakatan apa saja yang telah dicapai. Juru bicara Peugeot juga menolak untuk memberi penjelasan.

Bagi GM, menjual Opel akan menjadi aktivitas paling dramatis. Namun langkah ini merupakan hal yang wajar sejak perusahaan itu di bawah kendali Mary Barra sebagai Chief Executive.

Sejak memimpin perusahaan sejak Januari 2014, Barra telah melepas sejumlah bisnis GM. Termasuk menghentikan pabrik di Rusia dan Indonesia, menarik merek Chevrolet dari Eropa, serta memangkas penjualan untuk armada mobil sewa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Tegar Arief
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper