Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MOBIL LISTRIK: Tesla Motors Akuisisi Perusahaan Teknologi Jerman

Pihak Tesla mengungkapkan bahwa proses pengambilalihan perusahaan yang didirikan oleh Klaus Grohmann tersebut akan selesai pada awal tahun 2017.
Sedan sport Model S Tesla Motor./Reuters
Sedan sport Model S Tesla Motor./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Manufaktur spesialis mobil listrik premium asal AS, Tesla Motors Inc., memutuskan untuk mengakuisisi perusahaan teknologi asal Jerman, Grohmann Engineering GmbH, yang akan dibangun menjadi divisi produksi teknologi otonom di Jerman untuk mendukung produksi massal mobil listrik Tesla.

Pihak Tesla mengungkapkan bahwa proses pengambilalihan perusahaan yang didirikan oleh Klaus  Grohmann tersebut akan selesai pada awal tahun 2017.

Aksi akuisisi tersebut sejalan dengan rencana Tesla untuk mulai memasarkan Tesla Model 3 pada tahun depan yang dibanderol dengan harga US$35 ribu, sekaligus meningkatkan kapasitas produksi hingga 10 kali lipat dari 2015 lalu menjadi 500 ribu unit.

Nantinya, Tesla Model 3 akan diproduksi di pabrik miliknya di Fremont, California yang juga merupakan pabrik produksi untuk Tesla Model S dan Tesla SUV Model X.

"Akuisisi tersebut untuk meningkatkan efisiensi dan rekayasa produksi dan kesepakatan tersebut akan menjadi langkah awal untuk rencana ekspansi di Eropa di masa mendatang," kata Ben Kallo, seorang analis di Baird Equity Research.

Perusahaan yang nantinya akan berganti menjadi Tesla Grohmann Automation tersebut diharapkan dapat menyokong produksi pabrik Fremont untuk mempercepat kapasitas produksi lebih banyak dari peningkatan 5 kali lipat pada produksi 4 tahun lalu.

Sebelumnya pada Mei 2016, Tesla telah merekrut pegawai kunci Audi AG, Peter Hochholdinger, untuk mengawasi proses produksi. Tercatat, jumlah pengiriman  Tesla pada periode 2016 mencapai 50.648 unit dan pengiriman tahun ini diperkirakan akan mencapai 80 ribu unit.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yusran Yunus
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper