Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PAMERAN IIMS 2016: Biar Survive, JK Beri Tips kepada Industri Otomotif

Wakil Presiden Jusuf Kalla memberi tips kepada industri otomotif nasional dalam menghadapi kompetisi pasar otomotif yang semakin ketat dan dinamis.
Pameran mobil. /Bisnis.com
Pameran mobil. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla memberi tips kepada industri otomotif nasional dalam menghadapi kompetisi pasar otomotif yang semakin ketat dan dinamis.

"Dalam jangka panjang, persaingan pasar berkutat pada inovasi dan service," katanya saat membuka pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 di JIEXpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (7/4/2016).

Dia menyebutkan layanan purnajual (after sales service) merupakan hal yang sangat mendasar dalam memenangkan persaingan pasar.

"Teknologi otomotif itu hampir sama, untuk harga bisa dilakukan penyesuaian. Industri otomotif kita harus memperhatikan kedua hal itu - service dan inovasi - agar bisa terus berkembang," ujarnya.

Dia menegaskan inovasi merupakan hal yang tidak bisa ditawar dan dihindari. Misalnya bagaimana industri otomotif mengantisipasi tantangan di masa mendatang yakni semakin terbatasnya bahan bakar fosil dengan menghadirkan sumber energi yang dapat diperbaharui seperti energi listrik.

Pihak PT Dyandra Promosindo (Kompas Grup) selaku penyelenggara IIMS 2016 menargetkan jumlah pengunjung selama pameran berlangsung 7-17 April sebanyak 380.000 pengunjung, meningkat dari capaian IIMS 2015 sebanyak 360.000 pengunjung. IIMS 2016 diikuti sekitar 50 merek dan 36 di antaranya merupakan merek besar.

Berikut ini daftar merek mobil, sepeda motor dan industri aksesoris yang berpartisipasi dalam IIMS 2016:

Mobil: Audi, BMW, Chevrolet, Chrysler, Daihatsu, Datsun, Dodge, Fiat, Ford, Honda, Hyundai, Jeep, Mercedes-Benz, MINI, Mitsubishi Motors, Nissan, Tata Motors, Toyota, VW

Sepeda Motor: BMW Motorrad Indonesia, Ducati, Honda, Italjet, Kawasaki, Peugeot Scooters, Royal Enfield, Yamaha, Zero.

Aksesoris: Ais Wooden, APN, CP F1, Crawford, D'Luxor, Focal, Gulf, Llumar, Mr.Jackie, WD-40, NexDRIVE, ProXima, R9Racing, Sharp, V-Kool, Ziebart.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yusran Yunus
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper