Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

All New Pajero Sport, Ini Tongkrongan, Kelebihan & Perkiraan Harga

Usai diluncurkan di Thailand pada Agustus tahun lalu, para penggemar otomotif seolah tidak sabar menunggu kehadiran All New Pajero Sport di Indonesia. Beragam informasi tentang mobil ini pun sudah marak di dunia maya utamanya mengenai fitur-fitur yang tersedia.
All New Pajero Sport/Crazy Cars HY
All New Pajero Sport/Crazy Cars HY

Bisnis.com, JAKARTA - Usai diluncurkan di Thailand pada Agustus tahun lalu, para penggemar otomotif seolah tidak sabar menunggu kehadiran All New Pajero Sport di Indonesia. Beragam informasi tentang mobil ini pun sudah marak di dunia maya utamanya mengenai fitur-fitur yang tersedia.

Bisnis berkesempatan menjajal mobil yang berada di segmen sport utility vehicle (SUV) di Fujigane Offroad Course, Jepang pada akhir Oktober 2015.

Unit yang dicoba merupakan unit yang dilepas untuk pasar Thailand. Apabila dilihat sekilas, grill depan yang tampak menonjol adalah dynamic shield yang memang akan menjadi ciri khas Mitsubishi dalam beberapa tahun ke depan. Lampu depan terlihat lebih sipit dibandingkan dengan pendahulunya.

Masuk ke dalam kabin, kokpit pengemudi dan penumpang di bagian depan terbagi dengan jelas. Di dashboard terpampang layar untuk hiburan ketika berjalan. Adapun ketika akan parkir, layar ini menampilkan posisi kendaraan dari posisi bird view. Hal ini akan memudahkan pengemudi yang akan memarkirkan kendaraan karena ada perkiraan jarak yang muncul saat kemudi diputar.

Mesin pun dinyalakan. Raungan mesin terdengar lebih halus dan tidak terlalu terdengar noise ketika jendela ditutup. Bisnis mulai menjejak pedal gas mengarah ke tanjakan yang langsung menjadi ujian pertama bagi All New Pajero Sport ini. Bertransmisi otomatis, tak susah untuk menaklukkan tanjakan pertama. Melangkah ke tanjakan kedua, pedal agak semakin dalam ditekan.

Selain karena lebih panjang, ada sedikit lubang bekas jalur air yang berpotensi menghambat putaran ban. Hasilnya, sukses. Mobil pun terus bergerak hingga ke puncak tanjakan dan mulai menghadapi jalan menurun.

Bisnis berhenti sebentar untuk mencoba fitur hill descent control. Seperti namanya, fitur ini memungkinkan mengendarai mobil dalam jalan menurun tanpa menekan pedal rem. Bahkan, pengemudi harus menekan sedikit pedal gas agar mobil bisa meluncur lebih cepat.

All New Pajero Sport, Ini Tongkrongan, Kelebihan & Perkiraan Harga

Foto: Crazy Cars HY

Fitur lain yang tak kalah baik adalah blind spot monitoring system. Melalui fitur minim pengemudi bisa memiliki mata ketiga yang bisa mengidentifikasi kendaraan yang akan mendahului dengan memunculkan indikator di dalam kaca spion.

Ada pula fitur forward collision mitigation merupakan sistem yang bisa secara otomatis mengaktifkan rem ketika ada potensi untuk menabrak kendaraan yang ada di depan. Adapun fitur ultrasonic misacceleration mitigation berguna untuk mencegah All New Pajero Sport melaju secara tiba-tiba karena kesalahan pengemudi menginjak pedal gas.

Sayangnya, keempat fitur ini kabarnya belum akan hadir dalam unit yang dijual di Indonesia. Kontrol traksi kendaraan ini juga lebih baik karena ketika berada pada jalanan yang tidak rata, secara otomatis ban akan berhenti berputar apabila tidak menyentuh tanah. Karena itu, putaran ban akan lebih terjaga pada daerah yang mendapatkan tekanan, sehingga potensi nyangkut bisa dihindari.

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) berencana merilis mobil ini pada awal tahun ini. Untuk sementara, mobil andalan Mitsubishi di segmen SUV itu masih akan diimpor dari Thailand. KTB berencana memproduksi di Tanah Air setelah pabrik yang saat ini dibangun rampung pada 2017.

Soal harga? Nanti dulu. Kabar yang diperoleh Bisnis.com, harga all new pajero sport ini berkisar antara Rp430 juta hingga Rp 600 juta-an untuk varian tertinggi.()

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Bisnis Indonesia, Minggu (10/1/2016)
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper