Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Honda Civic Pecahkan Rekor Efisiensi Bahan Bakar

Honda berhasil mencetak rekor efisiensi bahan bakar pada Guinness World Records untuk predikat Lowest Fuel Consumption setelah melintasi 24 Negara di Eropa dengan jarak 13.498 kilometer (8.387 mil)
Honda Civic Tourer. /honda
Honda Civic Tourer. /honda

Bisnis.com, JAKARTA - Honda berhasil mencetak rekor efisiensi bahan bakar pada Guinness World Records untuk predikat Lowest Fuel Consumption setelah melintasi 24 negara di Eropa dengan jarak 13.498 kilometer (8.387 mil).

Perjalanan dilakukan menggunakan Honda Civic Tourer disel dengan efisiensi 2,81 liter per 100 kilometer (100,31 mpg). Rekor dicatatkan oleh anggota tim riset dan pengembangan Honda European Research and Development, Fergal McGrath dan Julian Warren, demikian siaran pers PT Honda Prospect Motor, Kamis (9/7/2015),.

Rekor itu dilihat melalui konsumsi bahan bakar dalam liter per 100 kilometer serta mil per gallon. Dihitung sepanjang perjalanan berdasarkan konsumsi bahan bakar, tracking data GPS termasuk data telematika, video dan foto-foto, serta saksi independen.

Pengujian dimulai pada 1-25 Juni 2015 dari Aalst di Belgia mengelilingi Eropa searah jarum jam, hingga kembali ke titik awal. Mobil yang digunakan dalam kondisi standar tanpa modifikasi apapun, bahan bakar diisi penuh setiap melakukan pengisian, tekanan ban serta pengaturan roda dipastikan oleh juri independen.

Selain itu mobil tidak boleh melewati batas kecepatan pada saat pengetesan berlangsung sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku di Eropa.

Honda Civic Tourer pertama kali diperkalkan dalam bentuk konsep di Geneva Motor Show Maret 2013. Model produksi massalnya diperkenalkan di ajang Frankfurt Motor Show, September 2013. Model ini kemudian diproduksi massal pada Desember 2013 dan mulai dijual di benua Eropa awal 2014.

Honda Civic Tourer dijual dalam dua varian mesin Earth Dreams Technology diesel 1.6 liter i-DTEC dan bensin 1.8 liter i-VTEC dengan tenaga maksimum 120 PS dan torsi maksimum 300 Nm. Masing-masing varian tersedia dalam dua pilihan transmisi yaitu 6MT dan CVT Earth Dreams Technology, serta empat grade mulai dari tipe S tipe SE Plus, SR dan EX Plus. []

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper