Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Target Pangsa Pasar Yamaha Di Segmen Skutik dan Sport Tahun 2015

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing menargetkan penguasaan pangsa pasar 40% di segmen skuter matik dan 54% di segmen sport tahun ini
Lingga Sukatma Wiangga
Lingga Sukatma Wiangga - Bisnis.com 05 Juli 2015  |  18:47 WIB
Ini Target Pangsa Pasar Yamaha Di Segmen Skutik dan Sport Tahun 2015
Pilihan warna Yamaha N Max. - Bisnis.com
Bagikan

Bisnis.com, AKARTA—PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing menargetkan penguasaan pangsa pasar 40% di segmen skuter matik dan 54% di segmen sport tahun ini.

"Kontribusi penjualan sepeda motor Yamaha sekitar 60% akan diberikan segmen skuter matik (skutik). Sedangkan segmen bebek atau underbone dan segmen sport masing-masing akan berkontribusi sekitar 20%," kata Executive Vice President PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Dyonisius Beti, Minggu (5/7).

Dari jumlah penjualan yang dicapai pada Januari-Mei 2015 sebanyak 773.109 unit, segmen skutik telah terjual sekitar 451.750 unit.

Jumlah tersebut berkontribusi sekitar 58,4% terhadap total penjualan sepeda motor Yamaha. Untuk segmen bebek pada periode yang sama telah terjual mencapai 146.891 unit atau memberikan sumbangsih sekitar 19%.

Sedangkan segmen di sport Yamaha telah berhasil menjual 174.468 unit atau setara 22,6%. Dyonisius mengatakan, tahun ini pihaknya berharap dapat menguasai pangsa pasar segmen sport di kisaran 53%-54%.

Yamaha Indonesia cukup optimistis dengan hal tersebut, mengingat telah lama pabrikan sepeda motor asal Jepang itu berjaya di segmen sport. Pada lima bulan pertama tahun ini total penjualan sepeda motor segmen sport yang dicatat AISI mencapai 327.592 unit.

Dari jumlah itu Yamaha Indonesia telah menguasai sekitar 53,2% pangsa pasar segmen tersebut. Sedangkan di segmen skutik, tahun ini Yamaha Indonesia ingin menguasai pangsa pasar sekitar 40%.

Pada periode Januari-Mei 2015, total pasar segmen skuter matik (skutik) mencapai 1,995 juta unit. jumlah tersebut berkontribusi sekitar 74,81% dari total pasar sepeda motor. Pada periode yang sama, total penjualan segmen skutik dari Yamaha sudah menapak 451.750 unit.

Jumlah tersebut menguasai sekitar 22,6% pangsa pasar skutik di Indonesia. Target Yamaha di segmen skutik memang sangat ambisius. Sebabnya, setidaknya dalam kurun waktu tiga tahun terakhir pabrikan itu belum pernah menembus pangsa pasar mencapai 30%.

Pada tahun lalu AISI mencatat total penjualan skutik Yamaha mencapai 1,362 juta unit. Sedangkan total pasar skutik nasional mencapai 5,324 juta, sehingga pada tahun tersebut pangsa pasar skutik Yamaha hanya 25,6%.

Persentase pangsa pasar skutik Yamaha pada 2014 tersebut menurun jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Pada 2013 Yamaha menguasai sekitar 28,4% pangsa pasar skutik dengan penjualan mencapai1,388 juta unit. Sedangkan total pasar skutik di Indonesia pada tahun tersebut mencapai 4,897 juta unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

otomotif
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top