Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pameran Otomotif: GIIAS 2015 Diyakini Tak Kekurangan Pengunjung

Gaikindo tak khawatir minat pengujung terhadap pameran otomotif internasional surut lantaran lokasinya tak lagi di ibu kota.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, TANGERANG—Gaikindo tak khawatir minat pengujung terhadap pameran otomotif internasional surut lantaran lokasinya tak lagi di ibu kota.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memilih BSD City tepatnya di gedung Indonesia Convention Exhibition (ICE). Pameran otomotif yang akan digelar bernama Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS).

Pada 20 – 30 Agustus 2015 adalah pertama kali pameran otomotif raksasa dihelat di kota satelit ibu kota, yakni Kota Tangerang Selatan. Meski dari segi jarak lebih jauh dijangkau masyarakat yang bermukim di daerah non-Tangerang tetapi minat pengunjung diyakini tak surut.

Presiden Direktur Seven Events Andy Wismarsyah menyatakan meskipun jaraknnya lebih jauh ketimbang JIExpo di Kemayoran tetapi waktu tempuh lebih cepat, setidaknya untuk masyarakat Jabodetabek. “Sekarang memang lebih jauh tetapi waktu tempuhnya lebih sedikit,” ucapnya di Tangerang, Selasa (5/5/2015).

Hal tersebut dipengaruhi posisi BSD City yang disokong sejumlah ruas jalan dan moda transportasi massal, seperti kereta commuter line, tol Jakarta – Tangerang, tol Bintaro-Serpong, shuttle bus, serta sejumlah rute angkutan kota dari perkotaan sekitarnya.

Saat ini BSD City diapit dua jalur tol, yaitu tol Jakarta-Tangerang dari Jakarta melalui simpang susun Tomang lalu keluar Tangerang pada kilometer (km) 18. Selain itu juga ada tol Bintaro – Serpong yang terhubung juga dengan jalan tol lingkar luar Jakarta (JORR), pada ujungnya ada dua pintu keluar menuju perumahan ini, yaitu lingkar barat (km 12) dan lingkar timur BSD (km 10).

Akses masyarakat juga lebih mudah mengingat ruas tol JORR W2 Utara mulai beroperasi penuh dengan dibukanya ruas Ciledug – Ulujami sejak 22 Juli 2014. Selain ini juga terdapat transportasi umum shuttle bus via tiga rute, yakni BSD – Pondok Indah – Ratu Plaza, BSD – Kota – Mangga Dua, dan  BSD – Harmoni – Pasar Baru.

Untuk akses KRL commuter line, masyarakat bisa memanfaatkan Commuter Green line (Serpong Line). Ini bisa diakses dari Stasiun Sudirman dan Tanah Abang dan berhenti di stasiun Rawa Buntu di BSD. Panitia penyelenggara GIIAS berencana menyediakan shuttle bus khusus dari Rawa Buntu ke ICE selama pameran berlangsung.

“Kami pindahkan pameran ke sini [biasanya di JIExpo] karena bisa melihat bahwa hall di ICE sudah jadi dan bisa beroperasi. ICE jadi tuan rumah GIIAS,” ucap Andy.

Selama ini pameran otomotif terbesar di Tanah Air tak lain Indonesia International Motor Show (IIMS). Pameran ini digarap Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) dengan Dyandra Promosindo selaku pengorganisir acara.

Mulai tahun ini IIMS bukan lagi yang terbesar, karena Gaikindo bikin pameran sendiri dan menggandeng event organizer lain, yakni Seven Event bermitra pula dengan PT Indonesia International Expo selaku pengelola Gedung ICE.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper