Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Konservasi Penyu Dilaksanakan di Beberapa Wilayah Indonesia

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) ,Agen Tunggal Pemegang Merek Daihatsu melakukan pembinaan sejumlah konservasi penyu di Indonesia bekerja sama dengan Klub Daihatsu.

Bisnis.com,JAKARTA---PT Astra Daihatsu Motor (ADM,Agen Tunggal Pemegang Merek Daihatsu melakukan pembinaan sejumlah konservasi penyu di Indonesia bekerja sama dengan Klub Daihatsu.

Hingga kini terdapat empat lokasi Konservasi Penyu Binaan Daihatsu, yakni Pantai Perancak (Bali), Batu Hiu (Pangandaran), Pangumbahan (Ujung Genteng), dan Pulau Pramuka (Kepulauan Seribu).

Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT ADM mengatakan, Program Konservasi Penyu Binaan Daihatsu ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk turut menjaga pelestarian penyu sebagai salah satu hewan langka kelompok reptil purba yang menjadi kekayaan alam Indonesia namun semakin berkurang jumlahnya karena ancaman yang serius terhadap ekosistemnya.

“Populasi penyu di dunia yang terus menurun bahkan terancam punah membuat kami terus konsisten menjalankan program ini. Pada tahun 2015 ini, kami akan merintis kerjasama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) di Kalimantan Timur untuk memulai Program Pembinaan Konservasi Penyu di Kepulauan Derawan, khususnya Pulau Sangalaki.Dengan menjaga kelestarian habitat penyu,Daihatsu berharap dapat turut serta menjaga keseimbangan ekosistem di laut dan di darat,” ujar  Amelia, Senin (20/4/2015)/

Berdasarkan data Balai Konservasi SDA, saat ini 6 dari 7 jenis penyu dunia terdapat di Indonesia.

Khusus untuk Konservasi Penyu di Perancak, Daihatsu bekerja sama dengan Kelompok Pelestari Penyu (KPP) Kurma Asih, Perancak Bali.

Program Konservasi Penyu Binaan Daihatsu ini merupakan program kerja sama Daihatsu dengan klub-klub Daihatsuchapter Bali yaitu Avanza Xenia Indonesia Club (AXIC), Sirion Indonesia Club (SIC), dan Daihatsu Ayla Indonesia (DAI).

Sementara itu, program konservasi di Perancak Bali dimulai sejak tahun 2013, dimana ADM memberikan sumbangsih untuk membina dan mengembangkan fasilitas konservasi fisik dan non fisik berupakolam penyu, tower penampungan air, pagar tempat penetasan (egg hatchery) dan juga dana adopsitelur penyu.

Sepanjang tahun 2014 hingga 2015, ADM semakin melengkapi fasilitas konservasi di Perancak ini dengan menambah beberapa fasilitas seperti gerbang konservasi penyu, media edukasi penyu, pagar pembatas konservasi penyu, renovasi bangunan sanitasi (toilet) dan ruangan edukasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper