Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Astra Daihatsu Motor Incar 12% Pasar City Car

PT Astra Daihatsu Motor meluncurkan New Daihatsu Sirion yang diharapkan dapat menguasai sekitar 12% pangsa pasar di segmen city car

Bisnis.com, JAKARTA—PT Astra Daihatsu Motor meluncurkan New Daihatsu Sirion yang diharapkan dapat menguasai sekitar 12% pangsa pasar di segmen city car.

Menurut Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) pihaknya tahun ini menargetkan penjualan New Daihatsu Sirion mencapai 500 unit per bulan.

Sedangkan total pasar segmen city car tahun ini dperkirakan sekitar 4.000 unit per bulan.

Merujuk data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pada 2013 total pasar di segmen tersebut mencapai 59.417 unit atau rata-rata penjualan per bulan mencapai 4.951 unit.

Dari jumlah tersebut Sirion yang terjual mencapai 7.170 unit atau setara 12,06% dari total pasar segmen city car. Pada tahun yang sama rata-rata penjualan Sirion mencapai 598 unit.

Sedangkan pada 2014 total penjualan segmen city car menurun menjadi 44.455 unit. Dari jumlah tersebut Sirion menguasai sekitar 7,62% pangsa pasar atau terjual sekitar 3.387 unit.

Pada 2014 rata-rata penjualan Siron per bulan hanya 308 unit. Raihan tersebut diperoleh dengan catatan pada Desember ADM tidak membukukan penjualan Sirion karena pada Januari akan meluncurkan produk Sirion terbaru.

Sejak mulai dipasarkan di Indonesia, Sirion diimpor dari Malaysia dalam bentuk kendaraan utuh (CBU).

Menurut Amelia hal ini dilakukan karena jumlah Sirion yang terjual tidak memenuhi skala keekonomian untuk diproduksi yaitu sekiar 2.000 unit per bulan.

Amelia mengatakan, untuk mengembalikan Sirion ke angka penjualan 500 unit per bulan pihaknya menetapkan strategi tidak mengubah harga Sirion atau membanderol sesuai harga per Januari 2014.

Saat ini Sirion yang dipasarkan di Indonesia teerdiri dari dua tipe yaitu manual dan otomatis. Tipe manual dibanderol Rp155,8 juta on the road Jakarta. Sedangkan tipe otomatis dihargai Rp166,8 juta.

“Ini strategi Daihatsu dalam penetapan harga karena mau meningkatkan penjualan. Daihatsu pernah mencapai penjualan sekitar 500 unit per bulan, banyaknya kompetitor membuat penjualan Sirion tergerus,” katanya di sela-sela peluncuran New daihatsu Sirion akhir pekan lalu.

Sebagai gambaran, hingga 2014 Gaikindo mencatat setidaknya lebih dari sembilan merek yang bermain di pasar segmen city car. Amelia menuturkan, tiga bulan ke depan pihaknya akan kembali meninjau ulang harga Sirion berdasarkan angka penjualan.

Sehingga ada kemungkinan Daihatsu akan mengatrol harga Sirion setelah peninjauan tersebut. Meski dipatok dengan harga lama, New Daihatsu Sirion mengalami berbagai perubahan dalam spesifikasi dan fitur keamanan.

Dari segi eksterior, ada perubahan pada bumper, front grille, velg, accent body kit  pada sisi samping, serta rear spoiler dan muffler cutter sehingga Sirion diklaim terkesan lebih sporty dan bergaya.

Untuk menambah kenyamanan, dihadirkan pula new design 2 din audio, audio steering switch, serta retractable outer mirror. Sedangkan untuk menunjang keamanan dilengkapi dengan dual SRS airbag, serta pretensioner and force limiter seat belt.

Corporate Planning Division Head PT ADM Rudy Ardiman mengatakan, saat ini ada 4 varian Sirion yang dipasarkan di Malaysia dengan pasar sekitar 6.000 uni tper bulan. Dari hasil survei yang dilakukan pihaknya, hanya dua varian saja yang banyak diminati pasar dalam negeri.                         

“Belum tentu dua lagi kami pasarkan karena banyak varian makin sulit memenejnya. Kami melakukan survei dan memperoleh dua varian ini yang paling disukai pasar Indonesia,” katanya dalam kesempatan yang sama.

Dia mengamini Amelia, pnetapan harga lama karena untuk meningkatkan permintaan pasar di segmen city car.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper