Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sekjen Askarindo: Sedan Memang Paling Oke untuk Berkendara

T. Y. Subagio, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Asosiasi Karoseri Indonesia (Askarindo), lebih senang memilih mobil segmen sedan untuk berkendara. Menurut dia, kenyamanan kendaraan segmen sedan tidak bisa ditandingi mobil segmen lainnya
Lingga Sukatma Wiangga
Lingga Sukatma Wiangga - Bisnis.com 25 Januari 2015  |  13:01 WIB
Sedan adalah kendaraan yang menjanjikan kenyamanan daripada jenis lainnya - nice/cool/pics.com
Sedan adalah kendaraan yang menjanjikan kenyamanan daripada jenis lainnya - nice/cool/pics.com

Bisnis.com, JAKARTA - T. Y. Subagio, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Asosiasi Karoseri Indonesia (Askarindo), lebih senang memilih mobil segmen sedan untuk berkendara. Menurutnya, kenyamanan kendaraan segmen sedan tidak bisa ditandingi mobil segmen lainnya.

Ditemui di kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Askarindo, di kawasan Tanah Abang Jakarta, Subagio menuturkan setiap segmen kendaraan didesain scara berbeda. Segmen sedan memiliki performa sangat berbeda dengan segmen semacam sport utility vehicle (SUV) atau multi purpose vehicle (MPV).

Khususnya dari segi suspensi. Subagio menjelaskan, SUV atau MPV secara rancang bangun diperuntukan untuk angkutan barang. Berbeda dengan segmen sedan yang memang dirancang sebagai passanger car. Selain itu, pada usianya yang hampir 60 tahun pria kelahiran April 1956 tersebut mengatakan, dengan menggunakan sedan pengendara seusianya tidak mudah lelah.  

“Karena kenyamanan dan saya kalau menggunakan MPV mudah lelah, mungkin usia yang mau mencapai 60-an. Kendaraan itu setiap desainnya berbeda dan performanya lain sekali antara sedan dengan segmen lain. Suspensinya pun berbeda. Kalau sedan dari awal didesain buat passanger car jadi tingkat kenyamanannya sudah tinggi,” katanya awal Januari lalu.

Dia melanjutkan, kenyamanan saat meletakan tubuh dalam jok di sedan dengan segmen lain dirasa jauh berbeda. Pun demikian dengan posisi kaki saat mengemudi.Saat mengendarai sedan, Subagio merasa badan terasa lebih santai dan rileks.

Subagio mengaku, dalam seminggu dirinya hampir setiap hari mengendarai sedan. Meski demikian, dia tidak menampik menggunakan mobil segmen lain untuk keperluan mendesak seperti di saat musim hujan, atau saat akan berangkat ke laur kota dengan kondisi jalanan yang tidak terlalu mulus.

“Kecuali kalau musim hujan saya pakai low SUV Terios. Baru tiga hari sudah lelah. Selain itu kalau saya akan pergi ke daerah yang jalannya tidak bagus, saya baru bawa mobil yang lebih besar,” lanjutnya.

Saat ini Subagio memiliki sedan dari pabrikan asal Jepang, Honda. Akan tetapi, pria yang pernah mengabdi di Kementerian Perindustrian itu mengaku, pernah pula memiliki sedan dari Toyota serta Suzuki. Subagio yang senang menggunakan sedan sejak 1996 itu menambahkan, dirinya belum pernah memiliki sedan dari merek-merek pabrikan Eropa.

Untuk menghadang rasa jenuh saat berkendara, ayah dua anak tersebut senang mendengarkan musik. Ada dua jenis aliran musik yang sering dia dengarkan, yaitu rock dan klasik.

“Kalau di jalan tol atau keluar kota biar semangat saya dengar rock. Favorit saya dari Indonesia itu God Bless, kalau dari luar paling senang Led Zepelin. Tapi kalau lagi ingin santai bunyikan musik klasik seperti Bethoven,” tuturnya.

Dia pun mengaku lebih senang mengendarai mobil sendiri dibandingkan dengan harus memakai jasa supir pribadi. Dengan mengendarai mobil sendiri, Subagio merasa lebih nyaman dan tidak mudah jenuh.

“Pakai supir sudah coba, jenuh jadinya malahan. Karena diam itu malah pikiran ke mana-mana. Kalau setir sendiri bisa menikmati dan lebih enjoy,” pungkas dia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

otomotif
Editor : Yusuf Waluyo Jati

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top